Pariwara
Metro Kendari

Butuh 765 PNS di Sultra, Diusul Hanya 160 Kuota, Disesuaikan Kemampuan Keuangan Daerah

Nur Endang Abbas, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Moratorium CPNS yang sudah berlangsung empat tahun berdampak dengan banyaknya kursi kosong di lingkup Pemprov Sultra. Kursi kosong dimaksud adalah yang ditinggal pensiun dan sejumlah tugas-tugas baru yang muncul karena banyaknya kebijakan baru pemerintah pusat.

Setelah dilakukan perhitungan, Pemprov Sultra kini membutuhkan 765 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru. “Itu kita hitung kebutuhan hingga lima tahun ke depan. Sekira 765 PNS kita butuhkan,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Nur Endang Abbas ditemui di salah satu kegiatan, Rabu (21/2).

Hanya saja, Sultra tak bisa mengusulkan sebanyak itu. Ada aturan-aturan umum yang membatasi daerah untuk merekrut CPNS. Salah satunya adalah anggaran pembangunan daerah. Sehingga setelah dilakukan penyesuaian dengan postur anggaran, maka jumlah ideal yang harus diusulkan hanya sebanyak 160 kursi CPNS.

“Saya sudah koordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), karena anggaran kita cukupnya segitu, hanya 160 formasi yang bisa kita usulkan,” lanjutnya.

160 kuota CPNSD itu tambah mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemprov Sultra itu dibagi dua porsi. 60 kursi untuk keahlian khusus atau langka. Misalnya pemulas jenasah, dokter forensik, bedah urologi, dokter jiwa, guru SLB dan lainnya. Sementara 100 kuota untuk umum. “Yang keahlian langka itu bisa 35 tahun ke atas, kuota umum mengikut syarat umum,” tambah Nur Endang Abbas.

Lalu kapan rekruitmen itu digelar? Itu belum bisa dijawab oleh Endang. Sebab, semua daerah masih menunggu Keputusan Presiden (Kepres) penerimaan CPNSD itu. “Yang pasti usulan kita sudah saya bawa ke pusat,” tandas Nur Endang Abbas. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top