Pariwara
Konawe Kepulauan

Pelabuhan Nipa-nipa di Konkep Ambruk, Diduga Kesalahan Konstruksi

MURSALIN/KENDARI POS
Bupati Konkep, H. Amrullah (kanan) saat meninjau ambruknya Pelabuhan Nipa-nipa di Desa Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Pelabuhan Nipa-nipa di Desa Tumburano, Kecamatan Wawonii Utara, ambruk, awal pekan ini. Diduga proyek yang menghabiskan anggaran hingga Rp 3,4 miliar itu roboh akibat kesalahan konstruksi. Informasi yang dihimpun menyebutkan, proyek pelabuhan rakyat tersebut dikerja perusahaan berbendera Roda Indah Perkasa (RIP) sejak Juli 2017. Bupati Konkep, H. Amrullah, mengatakan, bangunan pelabuhan yang masih dalam proses pemeliharaan itu akan dibongkar kembali. “Pelabuhan ini tetap akan dikerja ulang oleh PT RIP dengan membongkar bangunan ambruk tersebut,” kata Amrullah saat meninjau Pelabuhan Nipa-nipa, Selasa (20/2).

Ia tak mau menyimpulkan penyebab rusaknya pelabuhan rakyat tersebut. Menurut informasi yang diperoleh Konkep-1 itu, ombak besar menerjang pelabuhan sejak Senin lalu hingga proyek miliaran rupiah yang panjangnya 280 meter itu rusak. “Saya belum bisa identifikasi penyebab jatuhnya Pelabuhan Nipa-nipa, apakah dari sisi desainnya atau pelaksanaannya. Tapi melihat runtuhan ini, kemungkinan strukturnya yang kena. Kemungkinan ada tiang amblas, sehingga menyeret yang lain. Karena konstruksi ini bersambung. Jadi kalau ada satu titik yang rusak, bisa berdampak dengan titik lain,” jelas magister teknik alumnus Universitas Gadjah Mada itu.

Ditanya soal sanksi yang akan diberikan pada kontraktor, mantan Kadis PU Konkep itu masih melihat niat baik rekanan untuk memperbaiki pelabuhan yang anggarannya yang bersumber dari dana alokasi khusus tersebut. “Ini masih masa pemeliharaan. Kontraktornya juga mau tanggung jawab. Saya sudah beri batas waktu dua bulan agar jembatan ini bisa tuntas. Mereka juga saya tekankan agar mengerjakan pelabuhan dan siap mengembalikan kondisi bangunan pelabuhan seperti semula,” tandas Amrullah didampingi Kepala Dinas Perhubungan, H. Muh. Harsin Abdul Rahim. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top