Pariwara
Kolaka Utara

Pasar Rakyat Kolut Beromset Rp 100 Juta Sebulan

Muh. Idris

KENDARIPOS.CO.ID — Denyut perekonomian di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) setiap tahun terus mengalami peningkatan. Hal tersebut bisa dilihat dari kehadiran sejumlah pasar rakyat yang selalu bertambah di wilayah tersebut.

Kadis Perdagangan Kolut, Muh. Idris, yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (20/2), menjelaskan jika jumlah pasar rakyat saat ini di Kolut berjumlah 25 unit dan tersebar pada 13 kecamatan. Beberapa unit diantaranya berstatus baru beroperasi seperti Pasar Lawolatu, Pohu dan Mosiku. “Satu pasar selesai dibangun lagi di pelosok Desa Watumotaha Kecamatan Ngapa dan telah kami tinjau, tinggal dilengkapi saja,” ujarnya.

25 pasar tersebut semuanya menjajakan komoditas campuran. 13 unit diantaranya tercatat rata-rata beromset Rp 100 juta sampai Rp 200 juta tiap bulan, seperti Pasar Landolia, Simbula, Awo, Sawangaoha, Meeto, Puurau, Kosali, Kondara, Majapahit, Latali, Batu Putih, Sarambu serta Tolala. “Maksimal beroperasi hanya dua kali sepekan. Namun ada juga beromset hingga Rp 500 juta seperti Pasar Lambai,” rincinya.

Berbeda lagi dengan yang kategori harian, hanya tiga pasar dengan omset besar yakni di Lacaria (ibu kota) berkisar Rp 100 juta hingga Rp 1,8 miliar. Selanjutnya disusul Pasar Beringin Rp 50 juta sampai Rp 1,5 miliar dan Saludongka yang juga nilai transaksinya hingga Rp 1,5 miliar. Selain di daerah kawasan padat penduduk juga ditopang jumlah pedagang antara 250-450 orang.

Pihaknya terus mendorong pertumbuhan jumlah pasar di Kolut sebagai urat nadi perekonomian daerah. Hal yang perlu dilakukan, khususnya pada wilayah pelosok. Sebab masyarakat harus menempuh jarak yang cukup jauh agar bisa membeli kebutuhan pokok. “Contoh di Desa Watumotaha jauh dari pusat kecamatan. Namun penduduknya banyak. Jadi sudah tepat dibangun pasar di sana,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top