Pariwara
Metro Kendari

Mei, Batas Penyerahan LKPD 17 Kabupaten/Kota di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra belum menerima satu pun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017 dari pemkab maupun pemkot. Humas BPK RI Perwakilan Sultra, Kurniawan berharap 17 pemda se-Sultra segera memenuhi kewajibannya dalam menyusun laporan keuangan tahunan. BPK memberikan waktu hingga bulan Mei semua pemerintah kabupaten dan Kota menyerahkan LKPD-nya.

Menurut Kurniawan, hingga pertengahan Februai ini, belum ada pemerintah daerah yang menyerahkan LKPD. Meski begitu, BPK tetap menunggu sampai akhir waktu yang ditentukan. Nantinya, ketika semua LKPD pemda masuk ke BPK, maka tim langsung turun untuk mengaudit. Beberapa daerah di Sultra kata dia, biasanya memberikan LKPD pada injury time. Namun, untuk mengefesiensikan waktu, maka dia mengharapkan agar LPKD dapat segera diserahkan. “Alangkah baiknya seperti itu. Lebih cepat lebih bagus, agar waktunya cepat,” ujar Kurniawan, Selasa (20/2/2018).

Dia menilai dari beberapa hal penyusunan laporan keuangan di sejumlah daerah di Sultra selama ini sudah cukup baik. Laporan keuangan yang disusun tidak membuat BPK kesulitan melakukan audit. Kurniawan menambahkan LKPD yang dilaporkan adalah pengeluaran keuangan daerah yang digunakan sepanjang tahun 2017. Untuk tahun 2016 lalu, kata Kurniawan LKPD-nya sudah selesai. Kata dia, dari LKPD tahun 2016, ada 12 daerah yang mendapat opini Wajat Tanpa Pengecualian (WTP). “Itu menandakan penyusunan laporan keuangan daerah di beberapa daerah sudah cukup baik. Namun, biasanya kalau ada kekurangan, kami suruh lengkapi. Inilah gunanya, kami berikan waktu sampai Mei nanti,”beber Kurniawan. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top