Pariwara
Konawe Utara

Kemendes Tetapkan Empat Kecamatan di Konut Jadi KPB

H. Djuswan

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menetapkan empat kecamatan di Konawe Utara (Konut) menjadi kawasan perkotaan baru (KPB). Kebijatan tersebut tertuang dalam surat keputusan (SK) nomor 104 tahun 2017 tentang penetapan kawasan transmigrasi. Keempat kecamatan itu yang ditetapkan menjadi KPB adalah Langgikima, Wiwirano, Oheo dan Landawe.

“Sebelum KPB, empat kecamatan itu dulu masuk dalam zona kawasan kota terpadu mandiri (KTM). Tapi dengan adanya SK nomor 104 tahun 2017 tentang penetapan kawasan transmigrasi KTM, berubah menjadi KPB,” jelas Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Konut, H. Djuswan, di kantornya, Selasa (20/2).

Dari empat kecamatan yang ditetapkan KPB oleh Kemendes PDTT, di wilayah tersebut bermukim 22 ribu jiwa transmigran dengan berbagai etnis. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi transmigran, pihaknya akan memberikan bantuan modal pertanian dengan menggandeng salah satu bank yang akan memberikan modal. “Rencana kita akan sosialisasikan soal kartu yang diperuntukan bagi petani pada empat kecamatan itu. Makanya kita gandeng pihak Perbankan berkolaborasi dengan BUMDes pada tiap desa di empat kecamatan itu. Fungsi kartu tani ini seperti model anjungan tunai mandiri (ATM) yang akan digunakan untuk memenuhi keperluan tanaman pertaniannya,” ujar mantan Kepala BP4K itu. Dari sisi fasilitas pada KPB diempat kecamatan, kata H Djuswan, telah memadai mulai dari sarana rasarana, masjid dan fasilitas lainnya juga telah dimiliki. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top