Pariwara
Metro Kendari

Ini Wawancara Khusus Pj Gubernur Sultra, Drs. Teguh Setyabudi, M.Pd Soal Program Prioritas

Pj Gubernur Sultra, Drs. Teguh Setyabudi, M.Pd

KENDARIPOS.CO.ID — Drs. Teguh Setyabudi, M.Pd resmi menjabat Pj Gubernur Sultra usai dilantik Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (19/2/2018). Salah satu tanggung jawab besarnya adalah mengawal dan menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak di Sultra. Selain pilgub Sultra, dia juga harus memastikan pilwali Baubau, pilbup Kolaka dan Konawe berjalan lancar.

Tak kalah penting, dirinya juga mesti memastikan penyelenggaraan pemerintahan di pemprov Sultra bisa berjalan dengan baik. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri ini bakal memimpin Sultra sampai ada gubernur definitif hasil pilgub Sultra, Juni mendatang. Secara garis besar, Teguh menjelaskan tentang apa saja yang akan dilakukan sampai terpilih gubernur baru. Berikut petikan wawancara Kendari Pos yang diambil dari penjelasannya.

Apa program prioritas Anda mengawali tugas sebagai Pj Gubernur?

Secara umum sudah pasti harus memastikan penyelenggaraan pemerintahan berjalan sebagaimana biasanya. Hal lain tak kalah penting adalah mengawal dan menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak. Sebab di Sultra ini bukan hanya pilgub, tapi juga ada pilkada di tiga daerah. Makanya, butuh perhatian serius. Persoalan ini juga yang menjadi penekanan pak Mendagri kepada saya. Untuk itu, saya mencoba membangun sinergi dengan semua elemen terkait. Terutama penyelenggara dan pihak keamanan.

Anda menyebut akan membangun sinergi. Sejauh ini lembaga mana saja yang sudah ditemui?

Begini. Banyak elemen yang mendukung kesuksesan pilkada. Mulai penyelenggara pilkada, seperti KPU beserta jajarannya, Bawaslu beserta jajarannya, termasuk lembaga keamanan. Hari ini (kemarin,red), saya sudah bertemu Kapolda Sultra dalam acara deklarasi “Rumah Baruga”. Saya melihat program ini sangat bagus, karena bisa mendukung terciptanya pilkada kondusif di daerah ini. Salut buat Pak Kapolda dan jajaran. Selain itu, saya juga mengujungi KPU Sultra. Saya ingin tahu sudah sampai di mana tahapan pilkada, termasuk masalah anggaran. Alhamdulillah, sejauh ini semua masih berjalan dengan baik. Ke depan, kita juga akan membangun silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat.

Bagaimana dengan netralitas ASN?

Aturannya jelas, ASN tidak boleh berpolitik praktis. Jangankan ikut mendukung atau berkampanye, foto bareng calon kepala daerah saja tidak boleh. Itu nanti ada sanksinya. Makanya, saya minya seluruh ASN, baik di pemprov maupun kabupaten/kota yang pilkada agar tidak melibatkan diri dan dilibatkan. Secara pribadi, saya juga akan memberikan contoh dan konsisten dalam menjaga netralitas ini.

Sebagai orang baru di Sultra, tentu Anda punya keinginan mendapat dukungan semua pihak supaya berhasil. Mungkin ada imbauan atau harapan kepada masyarakat dan OPD supaya sama-sama menyukseskan pilkada?

Tentunya harapan saya seperti itu. Saya mengajak semua pihak, bukan hanya penyelenggara dan pengamanan, tapi juga organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat. Terutama kepada masyarakat supaya menyalurkan hak pilihnya dengan baik. Pilihan sesuai hati nurani tanpa paksaan dari pihak manapun. Sebab, nasib Sultra lima tahun mendatang ditentukan oleh masyarakat sendiri. Kalau pemimpin yang dipilih baik, maka hampir pasti daerah juga bakal maju. Sebaliknya, kalau salah memilih, risikonya kembali ke mereka. Jadi cerdaslah memilih calon pemimpin. Dalam waktu dekat, saya juga akan mengundang semua OPD untuk rapat bersama membicarakan semua hal terkait tugas dan tanggung jawab kita.

Terakhir, belakangan berkembang informasi bahwa Anda bakal merombak pejabat dalam waktu dekat. Apakah memang sudah ada rencana soal itu?

Belum ada pikiran ke arah itu. Pastinya sekarang, kami samakan irama (persepsi) dulu sekarang, biar enak kerjanya. Kalau ada ritme yang sumbang (tidak sejalan), atas seizin Mendagri dan mengacu peraturan berlaku, maka saya terpaksa mengganti. Tapi saya yakin kita bisa seirama semua. Termasuk soal tempat tinggal, nanti saya kondisikan. Karena di Jakarta saya juga punya tugas. Tapi kalau bisa diwakilkan ke rekan-rekan bisa dikondisikan. Termasuk juga tugas di sini. Yang jelas dalam seminggu saya harus ada di sini, minimal sekali. (*)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top