Pariwara
Edukasi

Guru PNS Bergaji Besar Dipindah ke Daerah 3T

Ilustrasi Guru

KENDARIPOS.CO.ID — Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji menyoroti langkah pemerintah untuk merekrut 9.000 guru garis depan (GGD) yang akan ditempatkan di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T).

Menurut dia, ketimbang merekrut guru baru, lebih baik memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada. Indra menyarankan, guru PNS di kota-kota besar seperti DKI Jakarta yang take home pay-nya ada yang mencapai Rp 31 juta per bulan, agar dimutasikan ke wilayah 3T. Ini agar gaji yang diterima sebanding dengan kinerjanya.

“Logikanya, gaji tinggi linear dengan kinerjanya. Kalau tidak mau dimutasi ke daerah 3T jangan jadi guru PNS,” ujar Indra di Jakarta, Selasa (20/2).

Dia menyebutkan, jumlah guru di Indonesia sudah cukup. Tidak perlu lagi menambah guru baru. Dengan menambah guru baru justru membuat tenaga pendidik lebih santai. “Ingat, profesi guru bukan untuk menampung tenaga kerja dan menyerap anggaran. Menjadi guru adalah panggilan jiwa bukan karena orientasi gaji,” tegasnya.

Dia menambahkan, setiap tahun pemerintah mengeluarkan Rp 100 triliun lebih untuk membayar gaji guru PNS. Namun, mutu pendidikan di Indonesia tetap di bawah. “Gaji guru sudah tinggi, tapi mutu pendidikan tetap rendah. Kan enggak matching ini makanya guru PNS harus diberdayakan. Jangan maunya enak-enak saja tapi giliran disuruh mengabdi ke daerah perdesaan malah ogah,” cetusnya. (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top