Pariwara
Metro Kendari

Dibiayai APBN Rp 14,4 Miliar, Pekerjaan Kebun Raya Kendari Dilanjutkan Maret


Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra bersama istri dr.Hj.Siska Karina Adriatma saat mengunjungi Kebun Raya Kendari, beberapa waktu lalu. Maret 2018, Kebun Raya bakal ditutup untuk sementara karena pembangunan tahap III akan dimulai. DOK / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kota Kendari yang ingin berkunjung wisata di Kebun Raya Kendari hanya diberi kesempatan untuk mengunjungi kawasan itu hingga Februari saja. Sebab, Maret mendatang pekerjaan tahap III akan kembali dilanjutkan. Itu artinya, akses refreshing ke lokasi itu akan kembali ditutup sementara. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebun Raya Kendari, Laode Yama mengatakan pekerjaan Kebun Raya Kendari tahap III ini rencananya akan dimulai bulan Maret 2018. Pekerjaan itu akan disupport dengan anggaran sebesar Rp14,4 miliar dari APBN. “Tahun ini 14,4 miliar. Ini sudah mau dikerja bulan depan,” ujar Laode Yama, Selasa (20/2/2018).

Kata dia sesuai dengan hasil koordinasinya dengan pejabat pembuat komitmen (PPK) Kebun Raya Kementerian PUPR pekan lalu, ada beberapa item pekerjaan yang akan dilakukan tahun ini. Diantaranya pembuatan gedung konservasi, gedung edukasi lanjutan, pagar pengaman tanggul, jembatan, dan pembuatan tanggul. “Tapi ini belum final karena masih ada kemungkinan berubah, bertambah atau berkurang,” ungkapnya.

Untuk diketahui, tahun 2017 Kebun Raya Kendari mendapat alokasi anggaran sekira Rp11 miliar. Dana itu digunakan untuk membangun 9 item pekerjaan. Itu meliputi pembangunan rumah arboretum, peningkatan jalan utama dan pedistrian, pembangunan area parkir kendaraan, pembangunan rumah paranet/nursery, pembangunan rumah hardscape arboretum, pembangunan hardscape campign ground, pembangunan hardscape taman ultra basic, pembangunan landscape visitor centre dan landscape gedung pengelola, serta pembangunan pintu gerbang dan pagar pengaman tanggul. “Semuanya sudah selesai, malah sudah menjadi objek foto-foto bagi masyarakat yang berkunjung saat ini,” katanya.

Pembangunan Kebun Raya itu masih akan berlanjut hingga 2019 nanti. Rencananya itu akan diresmikan langsung oleh pemerintah pusat. “Nanti ini akan menjadi ikon baru bagi Sultra. Karena ini mirip dengan Kebun Raya Bogor,” tandas Laode Yama. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top