Pariwara
Konawe Selatan

Camat di Konsel Harus Jaga Netralitas Pilkades Serentak

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Rapat persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di Konawe Selatan yang dipimpin Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin (kedua dari kanan), selasa (20/2)

KENDARIPOS.CO.ID — 1 April 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Dalam persiapan agenda pesta demokrasi tersebut, Wakil Bupati Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin meminta para camat tetap menjaga netralitas. “Harus bisa menyukseskan Pilkades ini,” pintanya saat memimpin rapat yang diikuti Camat se-Konsel, Selasa (20/2) di Aula DPMD.

Arsalim menjelaskan, ada beberapa permasalahan teknis yang perlu menjadi perhatian, sesuai pengalaman sebelumnya pada setiap Pilkades. “Mulai dari proses pembentukan panitia yang harus memiliki kompetensi dan integritas hingga mampu bekerja secara profesional dan independen. Misalnya ada kekurangan berkas atau tak mampu memenuhi syarat lainnya, jangan diloloskan. Seperti mengeluarkan surat keterangan memiliki ijazah terakhir. Agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari,” paparnya.

Pihaknya juga harus memberikan laporan dan melakukan konsultasi ke Pemprov Sultra jika Konsel akan menggelar Pilkades serentak. “Juga untuk menjaga hubungan baik dengan provinsi, sehingga dalam dua hari ini saya perintahkan Kepala DPMD untuk berkomunikasi dengan mereka, sekaligus kepolisian dan pihak terkait agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tambah Arsalim.

Menurutnya, Pilkades boleh dibilang sangat rawan. Karena berhubungan langsung dengan lapisan masyarakat desa. “Perlakuannya harus serius dan hati-hati dalam mengikuti setiap tahapan. Saya tegaskan lagi, sebagai camat harus menjaga netralitas. Jika ada sengketa, selesaikan di kecamatan, selanjutnya kabupaten hingga ke pengadilan jika belum ada solusi,” tandasnya dalam rapat yang turut dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekab) H. Sjarif Sajang, Asisten I Setkab, Agusalim dan Kepala DPMD, Sahlul. (c/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top