Pariwara
Edukasi

153 Sekolah Belum Pasti Ikut UNBK

Salihi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 153 sekolah lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wakatobi tahun ini, dipastikan akan mengikuti ujian nasional. Meskipun siap ujian, sekolah yang terdiri dari 110 unit Sekolah Dasar (SD) dan 43 Sekolah Menengah Pertama tersebut, belum dapat dipastikan akan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dikbud Wakatobi, Salihi mengungkapkan, saat ini pihaknya masih menunggu data siswa yang pernah diinput ke Kemendikbud. Pasalnya, hingga kini masih menggunakan Data Pokok Pendidikan (Depodik).

“Data peserta yang akan mengikuti ujian tahun ini, belum kita finalkan karena sementara dalam proses,” ujar Salihi.

Kendati demikian, ia menilai ujian berbasis komputer cukup efektif. Meski masih minim sarana namun, sudah ada sekolah yang dilengkapi dengan server dan komputer seperti SMP 1 Wangi-wangi dan SD Negeri 1 Pongo, Wangi-Wangi. “Tapi khusus di SMP ini kita harus lihat kembali apakah masih berfungsi atau tidak,” tukasnya.

Di lain sisi, pihaknya sementara memverifikasi Nomor Induk Siswa (NIS). Ini penting guna mencegah adanya ketidakcocokan baik di sekolah maupun di pusat. Pastinya, jika sudah ada rekomendasi dari pusat mengharuskan seluruh sekolah untuk menggelar UNBK maka Dikbud Wakatobi akan mengupayakan semaksimal mungkin. Sekalipun masih banyak sekolah yang kekurangan fasilitas. (thy/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top