Pariwara
Konawe Kepulauan

13 Ribu Hektare Hutan di Konkep Berubah Status

MURSALIN/KENDARI POS
Wabup Konkep, Andi Muhamad Lutfi, saat memaparkan kondisi kawasan hutan yang akan dialihfungsikan di hadapan para Kades dan camat.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Konawe Kepulauan (Konkep) menurunkan status kawasan hutan di Pulau Wawonii, akhirnya tercapai. Pihak Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) wilayah 22 Kendari dan Badan Pertanahan Negara (BPN) Konkep baru saja menggelar sosialisasi persiapan pengajuan permohonan penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan (PPTKH). Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhamad Lutfi, mengatakan, sekitar 13.528 hektare kawasan hutan produksi konversi (HPK) pada 62 desa di Wawonii akan mengalami perubahan status menjadi area penggunaan lain (APL).

“Tidak semua desa yang diusulkan untuk perubahan status kawasan. Hanya 13.528 hektare yang harus kita bebaskan, agar lahan ini bisa diolah masyarakat,” kata Wabup Konkep, Andi Muhamad Lutfi, selasa (20/2). Ia menjelaskan, persoalan kawasan hutan menjadi kendala Pemkab saat ini untuk membangun. Terbukti, tahun 2017 lalu Pemkab Konkep mendapat bantuan pembangunan stadion, tetapi karena berada di atas tanah kawasan, sehingga sarana olahraga dari kementerian tersebut sulit direalisasikan.

“Ruangan tempat saya berkantor saat ini masih wilayah kawasan,” ungkapnya. Sementara itu Kepala BPN Konkep, Suangto, mengatakan, perubahan peta batas kawasan hutan dilakukan berdasarkan peraturan presiden nomor 88 tahun 2017. Ia membenarkan ada 13.528,78 hektare kawasan hutan di 62 desa yang akan mengalami perubahan status dari HPK ke APL. “Tapi untuk perubahan ini tidak mesti dari HPK. Bisa juga dari hutan lindung. Hanya saja untuk di Konkep, perubahan ini berlaku dari status HPK berubah ke status APL,” jelasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top