Pariwara
Kolaka

SIKIM Harus Tingkatkan Pendapatan UKM di Kolaka

DOK/ZULFADLY NUR/KENDARI POS
Peresmian SIKIM oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei pada awal Februari lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Perbaikan struktur ekonomi rakyat melalui pemenuhan kebutuhan usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu program Pemkab Kolaka. Untuk menyukseskan program tersebut, pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kolaka membangun Sentra Industri Kecil dan Menengah Mekongga (SIKIM) pada atas lahan seluas 2 hektare di Kelurahan Tahoa. Fasilitas senilai Rp 18 miliar tersebut telah tuntas dibangun dan diresmikan awal Februari lalu.

Kadisperindag Kolaka, Ahmad, mengungkapan, pembangunan SIKIM dilakukan untuk meningkatkan semangat para pelaku UKM untuk lebih mengembangkan usahanya. SIKIM tersebut telah menyediakan berbagai fasilitas bagi pelaku UKM yang ingin meningkatkan pendapatannya. “Di bangunan tersebut kami sediakan 24 lokal. Setiap lokalnya akan ditempati satu pengusaha. Selain bangunan, kami juga menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan para pengusaha untuk menjalankan usahanya seperti seperti pencetak baliho, mesin pembuatan roti, alat sablon dan lain sebagainya. SIKIM juga nantinya akan menjadi pusat oleh-oleh khas Bumi Mekongga,” bebernya, Senin (19/2).

Terkait banyaknya pengusaha di Kolaka yang berniat menikmati fasiltas tersebut, kata Ahmad pihaknya akan melakukan seleksi. Sebab, ruangan yang tersedia di SIKIM tak sebanding dengan jumlah warga yang ingin berwirausaha pada fasiltas yang dibangun dengan APBN tersebut. “Jumlah lokal yang tersedia hanya 24. Sedangkan pengusaha yang menginginkan tempat mencapai ratusan orang. Jadi silahkan masukan permohonan supaya kami seleksi. Warga yang dapat menempati fasilitas tersebut harus betul-betul memiliki jiwa wirausaha. Harapannya agar ini bisa berkelanjutan,” tandas Ahmad. (c/fad)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top