Pariwara
Muna

Pencurian Listrik, PLN Muna Rugi Rp 2 M

Muljabar13

KENDARIPOS.CO.ID — Angka kebocoran pasokan listrik di Muna ternyata cukup tinggi. PLN Rayon Raha mengaku menanggung kerugian sekitar Rp 2,5 miliar karena aksi pencurian listrik. PLN kadang kewalahan, meski pengawasan sudah dilakukan secara intensif. Manager PLN Rayon Raha, Muljabar, mengatakan, untuk kurun waktu tahun 2017, pihaknya sebenarnya mengalami kebocoran energi listrik hingga 5 juta kilowatt hours (kwh) yang bila dikonversi ke rupiah nilainya setara Rp 5 miliar. Jumlah itu merupakan kehilangan energi listrik yang disebabkan faktor nonteknis seperti keterlambatan PDL, gangguan jaringan dan pencurian listrik.

“Untuk pencurian, asumsi 5 juta sekian kwh itu bisa setengahnya, yang kalau dirupiahkan mencapai Rp 2 miliar lebih,” terang Muljabar saat ditemui, Senin (19/2).  Ia menambahkan, ulah masyarakat dalam melakukan pencurian bermacam-macam. Setidaknya ada empat modus yang ditemukan tim pengawas. Pertama memengaruhi batas daya pemakaian. Contohnya, jika daya listrik 900 VA, maka oknum akan menggunakan lebih dan memanipulasi pemakaiannya. Modus kedua dengan mengubah alat ukurnya. Modus ketiga dengan melakukan keduanya. “Pelanggaran keempat dilakukan bukan oleh pelanggan. Caranya sambung langsung. Dia tidak terdaftar pelanggan, tapi pakai listrik dengan menyambung ilegal,” sambung Muljabar.

PLN Rayon Raha, paparnya, sudah melakukan pengawasan di lapangan terhadap 48.000 pelanggan. Hanya saja, aksi pencurian kadang luput dari pantauan. Ia berharap, masyarakat dapat memahami kerugian yang ditimbulkan akibat pencurian listrik dan menghentikan aksinya. “Kami berupaya meningkatkan pelayanan pada pelanggan, hanya saja jangan juga ada oknum yang nakal terus,” imbaunya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top