Pariwara
Wakatobi

DAK Rp 80 M Fokus Benahi Jalan di Wakatobi

Kamaruddin

KENDARIPOS.CO.ID — Dana alokasi khusus (DAK) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Wakatobi tahun 2018 ini capai Rp 80 miliar. Anggaran ini akan diplot untuk membiayai sejumlah kegiatan yang akan direalisasikan tahun ini. Salah satu prioritas adalah pembukaan akses jalan. Meski begitu, dalam beberapa program yang dilaksanakan melalui DAK tahun ini tidak semua pulau bisa menikmatinya. Pasalnya, Pulau Binongko tak mendapat jatah dalam DAK tahun ini. “Hanya untuk Pulau Wangiwangi, Kaledupa dan Tomia. Kalau Binongko kita upayakan tahun depan. Bila perlu semuanya dialokasikan di sana,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Wakatobi, Kamaruddin, akhir pekan lalu.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Wakatobi ini mengungkapkan, anggaran tersebut bahkan sudah dibagi untuk beberapa program. Program pertama yakni pembukaan akses di jalan Suprapto Desa Wandoka yang menyerap anggaran lebih dari Rp 20 miliar dengan panjang dua kilometer. “Di jalan ini kita akan buka dua jalur dan tentu anggarannya lumayan besar. Juga dilengkapi dengan mediannya. Kita sudah bicarakan dengan pemerintah kecamatan dan desa setempat untuk pembebasan lahan,” tambahnya.

Kamaruddin menjelaskan, program lainnya juga ada di pulau Wangiwangi yakni dibukanya jalan lingkar timur. Sedangkan untuk sejumlah jalan yang belum kondisi baik akan dihotmix tahun ini. “Kalau di Pulau Wangiwangi ada beberapa program yang akan kita realisasikan dengan menggunakan DAK tahun ini,” sebutnya. Sementara di Pulau Kaledupa melalui anggaran ini akan merevitalisasi jalan-jalan di bagian perkotaan. Di Kaledupa juga akan dibuka jalan lingkar dari Tanomeha sampai Peropa Kaledupa Selatan. “Di pulau Lentea, Kaledupa Selatan juga akan kita buka jalan di sana tapi baru pengerasan sepanjang dua kilometer juga,” rinci Kamaruddin.

Selain itu, program lain yang masuk DAK tahun ini yakni peningkatan jalan Fefa di sekitar Puncak Tomia. Ditambah dengan pembangunan jalan yang masih pengerasan dari Waha sampai Desa Kollo Patua, termasuk jalur perantara Desa Bontu-Bontu dan Waiti’i. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top