Pariwara
Politik

Calon Anggota KPU Sultra, Baru Enam Pendaftar Kembalikan Formulir

Selski Anggota KPU Sultra: Tim seleksi (Timsel) anggota KPU Sultra saat memberi keterangan pers, senin (19/2). Foto: Marwan Abidin/Kendari Pos

KENDASRIPOS.CO.ID — Masa pendaftaran calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra tinggal dua hari lagi. Namun hingga kini, baru enam pendaftar yang mengembalikan berkas formulir. Kendati demikian, Tim Seleksi (Timsel) optimis jumlah pendaftar akan bertambah. Pasalnya, jumlah peserta yang mengambil blangko pendaftaran sebanyak 44 orang.

Ketua Tim Seleksi (timsel) Anggota KPU Sultra, Muhammad Najib Husein mengatakan jumlah pendaftar seharusnya minimal 30 orang. Jika tidak mencukupi, maka masa pendaftaran akan diperpanjang selama tujuh hari kerja. Sesuai jadwal, masa pendaftaran yang dibuka sejak tanggal 12 Februari lalu akan berakhir tanggal 21 Februari 2018.

“Dari 44 orang yang mengambil formulir, yang mengembalikan baru enam orang. Kami sudah rapatkan dengan timsel, kalau tidak mencapai 30 orang, maka kita ada penambahan atau perpanjangan waktu pendaftaran dalam satu minggu. Yakni 22 Februari sampai 2 Maret 2018,” ujarnya senin (19/2).

Saat ini kata dia, Timsel masih menunggu. Apalagi masih ada waktu beberapa hari ini pendaftar mengembalikan formulirnya. Berkas pendaftaran akan ditunggu hingga pukul 24.00 Wita tanggal 21 Februari nanti. Bila cukup 30 orang, masa pendaftaran tidak diperpanjangan lagi. “Kalau sampai 30 orang, kita tutup. Kemudian, kita akan lakukan verifikasi, memenuhi syarat atau tidak,” tambahnya.

ASN yang ingin mendaftar lanjutnya, harus mengantongi surat rekomendasi dari pejabat kepegawaian. Berdasarkan hasil keputusan Timsel, surat rekomendasi tersebut tak perlu dari gubernur atau Bupati/wali kota. Pendaftar cukup mendapat restu pimpinan SKPD saja. Demikian juga calon dari perguruan tinggi. Mereka tidak harus mendapat rekomendasi dari rektor, cukup surat persetujuan dekan.

“Tapi jika sudah dapat langsung SK rekomendasi gubernur, bupati/walikota atau dari rektor itu tidak masalah. Itu malah lebih baik. Karena sifatnya hanya mengikuti tahapan tes. Pendaftar anggota KPU Sultra berasal dari berbagai latar belakang profesi. Hingga kini, calon incumben yang mendaftar yakni Iwan Rompo Bane, Laode Abdul Natsir, Tina Taridala dan Hidayatullah,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo Bane saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya menjadi salah satu pendaftar. Ia pun yakin bisa lolos kembali menjadi anggota KPU Sutral. “Seleksi ini ada lolos dan tidak lolos. Dan saya serahkan semuanya pada penilaian Pansel dan Komisioner KPU RI untuk menilai kinerja-kinerja selama hampir 5 tahun ini menjadi komisioner,” tandasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top