Pariwara
Konawe Utara

6000 Warga Konut Belum Rekam KTP-el

KENDARIPOS.CO.ID — Total warga Konawe Utara (Konut) yang tercatat sebagai wajib kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) mencapai 42.928 ribu. Dari jumlah tersebut, masih terdapat sekitar 6.000 orang yang belum melakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). “Ini juga sudah ada yang habis merekam tetapi belum dicetak. Makanya sekarang kita gunakan sistem jemput bola dengan membuka pelayanan pada setiap kecamatan. Langkah ini lebih tepat dan efisien dibanding harus menunggu di kantor,” ujar Kadisdukcapil Konut, Arif Yadi, Senin (19/2).

Untuk memaksimalkan perekaman KTP-el, pihak Disdukcapil terpaksa harus mendatangi rumah warga di tiap kecamatan untuk memudahkan perekaman. Sesuai agenda, Kecamatan Langgikima merupakan salah satu tujuan rencana “jemput bola” yang akan diprioritaskan menyusul beberapa kecamatan lainnya yang tersebar di wilayah Konut. Pasalnya, daerah tersebut dianggap masih banyak masyarakat yang belum melakukan perekaman. “Kami juga meminta partisipasi masyarakat agar proaktif. Minimal masyarakat melakukan perekaman terlebih dahulu sambil menunggu proses mencetakan kartu. Karena kalau sudah merekam, datanya dengan sendiri sudah bisa terbaca di pusat,”ujar mantan Kabag Humas, Sandi dan Telematika Pemkab Konut itu.

Bagi warga yang sudah melakukan perekaman KTP-el, Disdukcapil akan memberikan surat keterangan (Suket). Selain melakukan perekaman e-KTP, Disdukcapil juga telah mengeluarkan surat akta kematian sebanyak 500 lembar. Akta itu diserahkan pada pemerintahan desa dan kecamatan beberapa waktu lalu. “Kita juga berharap agar pemerintah desa melaporkan warganya baik yang lahir maupun sudah meninggal dunia. Kadang dalam aplikasi kependudukan, nama mereka masih tertera, sehingga ini kadang menyulitkan kami,” ujar Arif Yadi.

Dengan adanya masalah itu, Arif Yadi mengatakan akan berimplikasi pada penerima program kesehatan berupa BPJS yang dibiayai oleh Pemkab Konut. Makanya data warga yang sudah meninggal dunia sepatutnya dilaporkan pada Disdukcapil. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top