Pariwara
Metro Kendari

OPD Pemkot Didesak Serahkan Rencana Umum Pengadaan

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik dinas, badan, kecamatan dan kelurahan di lingkup Pemkot Kendari didesak untuk segera menyerahkan Rencana Umum Pengadaan (RUP). Triwulan pertama ini menjadi momentum untuk menyelesaikan seluruh dokumen keperluan lelang dan realisasi kegiatan. Paling lambat Maret nanti semua OPD sudah menuntaskan kewajibannya yang harus diserahkan ke bagian pembangunan.

Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setda Kota Kendari, Rusdin Jaya mengatakan hingga pertengahan Februari ini, RUP yang diterima didominasi oleh dinas. Sementara kecamatan dan kelurahan masih sangat sedikit. Kata dia, untuk ukuran kecamatan dan kelurahan memang sangat jarang ada kegiatan fisik. Sehingga banyak yang lamban masukan RUP.

“Kalau dinas sudah 60 persen. Yang lambat ini kecamatan dan kelurahan karena mereka hampir dikatakan tidak punya kegiatan fisik. Tetapi harus ada RUP untuk pengadaan barang dan jasa juga. Karena untuk evaluasi serapan anggaran itu, RUP juga terpantau. Tidak bisa belanja kalau belum masuk RUP-nya,” ujar Rusdin Jaya. Sejauh ini kata dia, beberapa kegiatan sudah dilelang. Utamanya proyek yang dibangun dengan sistem kontrak multiyear. “Kalau multiyear perencanannya sudah selesai 2017. Saat ini tujuh paket sudah penandatanganan kontrak,” jelasnya.

Sedangkan kegiatan reguler saat ini baru fase perencanaan dan sebentar lagi masuk pelelangan. “Masih pekerjaan konsultan desain, kita tunggu juga segera dimasukan,” ungkap Rusdin Jaya. Pada 2017 lalu, ada 71 paket fisik yang dilelang. Sementara tahun 2018 ini tetap didominasi oleh infrastruktur yang jumlahnya tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Rusdin mengingatkan jika pada Juni 2018 nanti, semua paket yang dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah harus kontrak. Bila tidak, pengelola anggaran akan dikenai sanksi. “Sanksinya, pekerjaan mereka tidak jalan,” pungkasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top