Pariwara
Konawe Utara

Kepala Dinas PMD Konut : ADD Rp 43 Miliar Untuk 159 Desa

Sulkarnain Sinapoy

KENDARIPOS.CO.ID — Saat ini, pemerintahan desa benar-benar dimanjakan dengan banyaknya dana yang masuk untuk memajukan wilayah tersebut. Selain anggaran yang disuplai dari dana desa (DD) APBN, juga diback alokasi dana desa (ADD) melalui APBD kabupaten. Khusus di Konawe Utara (Konut), pemerintah kabupaten (Pemkab) mengalokasikan 10 persen dari total anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sekitar Rp 700 miliar.

Sehingga para kepala desa tak lagi ada alasan untuk tidak membangun wilayahnya dengan anggaran yang memadai. Makanya Pemkab Konut memberikan peringatan agar pemerintah desa benar-benar mendistribusikan anggaran sesuai peruntukannya. “Dari total APBD Konut, 10 persen itu masuk di desa. Kebijakan itu berlaku secara nasional. Bukan hanya untuk Konawe Utara, jadi tergantung kepala desa mau berinovasi membangun desanya. Karena dukungan anggaran cukup memadai,” ujar Kepala Dinas PMD Konut, Sulkarnain Sinapoi, Sabtu (17/2) lalu.

Mantan Kabag Pemerintahan Umum Pemkab Konut itu merinci, dana Rp 43 miliar diperuntukan bagi 159 desa pada 13 kecamatan yang ada di Konut. “Satu desa itu mereka mendapatkan kucuran dana masing-masing Rp 300 juta,” hitungnya. Ratusan juta rupiah yang bersumber dari ADD APBD dialokasikan untuk kegiatan pembayaran honor kepala desa, Sekdes dan perangkat desa termasuk pemberdayaan masyarakat maupun pembangunan di desa. “Konsentrasi pembangunan memang dilakukan di desa. Makanya 10 persen APBD Konut semua masuknya di desa,” ujar Sulkarnain Sinapoi.
Dengan besaran anggaran itu, kesejahteraan kepala desa dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya dianggap lebih meningkat. Pasalnya, honor kepala desa tiap bulannya sebesar Rp 1,5 juta, Sekdes Rp 1,4 juta. Sementara untuk perangkat desa masing-masing Rp 1 juta. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top