Pariwara
Bau-bau

Penerima PKH Baubau Bertambah 2.000 KPM

Program keluarga harapan

KENDARIPOS.CO.ID — Program keluarga harapan (PKH) sebagai salah satu bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu terus disalurkan pemerintah pusat. Kementerian Sosial (Kemensos) mengalokasikan dana tersebut untuk menunjang kebutuhan ekonomi masyarakat. Seluruhnya diberikan secara langsung melalui rekening masing-masing penerima. Di Kota Baubau, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan dana PKH tahun ini sebanyak 5.000. Jumlah tersebut mengalami kenaikan cukup besar dibanding 2017 yang hanya mencapai 3.000 KPM. Data tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Baubau, La Ode Zulkifli.

“Tahun ini, jumlah KPM dana PKH bertambah sekitar 2.000 KK. Itu sesuai data yang memang terdaftar di Kemensos sebagai penerima bantuan,” Kata La Ode Zulkifli saat ditemui, jumat (16/2). Meningkatnya jumlah penerima bantuan PKH di Kota Baubau karena adanya beberapa masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar pada 2017 lalu. Sehingga, mereka kembali didata oleh Kemensos dan dimasukan sebagai KPM 2018. “Kemensos melakukan peninjauan ulang. Karena mereka memang memiliki data masyarakat kurang mampu. Makanya, jumlah KPM dana PKH tahun ini mengalami kenaikan atau bertambah,” terangnya.

Sistem penyaluran bantuan tersebut, lanjut dia, tidak melalui perantara atau pihak lain. Semuanya disalurkan langsung ke rekening masing-masing penerima. “Penyalurannya pakai sistem nontunai. Dari bank langsung dikirim ke ATM para penerima bantuan. Hanya saja, dari total keseluruhan dana bantuan Rp 1.809.000 pertahun, tidak diterima sekaligus. Kemensos menyalurkan sebanyak empat tahapan atau setiap triwulan. Triwulan pertama sampai ketiga masing-masing sebanyak Rp 500.000. Sementara sisanya Rp 309.000 disalurkan pada triwulan keempat,” sambung perangkat Masjid Keraton Buton bergelar Lakina Agama itu.

La Ode Zulkifli menambahkan, saat ini penyaluran dana PKH triwulan satu telah dilakukan. Sehingga bagi masyarakat yang namanya terdaftar sebagai penerima bantuan, suda bisa melakukan pengecekan di rekening masing-masing. “Kalau sudah ada, maka manfaatkanlah sesuai peruntukannya. Untuk biaya kesehatan dan pendidikan anak. Sehingga, tidak ada lagi anak putus sekolah karena kendala biaya, juga jangan lagi ada yang tak berobat ketika sakit karena tidak ada uang,” tambah La Ode Zulkifli. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top