Pariwara
Politik

Di-PAW, Roslina Rahim Legowo

Roslina Rahim

KENDARIPOS.CO.ID — Posisi Roslina Rahim sebagai anggota dan Ketua DPRD Baubau segera tergantikan. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Baubau mulai memproses (PAW) bakal calon wali kota Baubau ini. Usulan pergantian Roslina Rahim telah dikabulkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN. Bahkan suratnya telah diterima dan ditindaklanjuti DPD PAN Baubau. Sebagai penggantinya, pengurus partai matahari terbit ini telah mempersiapkan La Ode Ary Priadi Annas.

“Kita meminta agar Roslina Rahim diganti sebagai Ketua DPRD dan di PAW, karena dianggap tidak patuh terhadap kebijakan partai. Permintaan itu telah kami sampaikan ke DPW PAN Sultra dan kita tembuskan ke DPP sejak November 2017 silam dengan cara bersurat,” kata LM Yamin Dabu, Sekretaris DPD PAN Baubau, jumat (16/2).

Surat permohonan pemberhentian tersebut kata dia, telah dibalas DPP dan diterima DPD PAN Baubau. Isinya, DPP mengamini permintaan DPD untuk mengganti Roslina Rahim. “Surat persetujuan DPP tetang usulan pergantian Roslina Rahim telah kami terima. Selanjutnya surat tersebut kita telah kirim ke DPRD dan KPU tanggal 3 Februari lalu. Mestinya saudari Roslina Rahim sudah tidak bisa lagi berkantor walaupun belum ada penggantinya yang definitif,” ucapnya.

Salah satu penilaian ketidakpatuhan Roslina Rahim terhadap kebijakan partai lanjut dia, ketika Roslina Rahim masih menjabat Sekretaris DPD PAN Baubau. Saat itu yang bersangkutan enggan menandatangani surat rekomendasi pengusulan AS Tamrin sebagai Balon Walikota yang diusung partai. Sikap Roslina Rahim itu dianggap sudah tidak sejalan dengan visi partai.

“Sebagai kader, mestinya ia (Roslina) harus patuh terhadap keputusan partai yang mengusung AS Tamrin. Tetapi ia tidak mau menggunakan kewenanganya dan meneken surat rekomendasi pengusungan AS Tamrin,” tandasnya.

Menanggapi PAW dirinya sebagai anggota dan Ketua DPRD Baubau, Hj Roslina Rahim mengaku legowo. Bahkan pihaknya sudah memproses pengunduran dirinya tersebut sejak jauh hari sebelum ada balasan surat persetujuan DPP PAN. Karena hal itu, adalah salah satu persyaratan KPU untuk mencalonkan diri sebagai Wali kota Baubau.

Makanya, pihaknya tidak ingin memperlambat proses PAW ataupun mempersulit pemunduran dirinya sebagai Ketua DPRD Baubau. Ia mengetahui DPP sudah menyetujui untuk pergantian yang bersurat pada DPD PAN, namun harus sesuai dengan proses yang ada. “Proses tersebut saya sudah minta diajukan pada badan musyawarah untuk dijadwalkan paripurnanya. Setelah itu hasilnya, Wali Kota akan bersurat pada gubernur, ” ungkap Roslina.

Untuk prosesnya, pihaknya menyerahkan segalanya pada mekanisme yang berlaku. Karena, ia harus menunggu SK pemberhentian langsung dari Gubernur. Ia mengaku telah menghubungi Sekertaris dewan untuk mempercepat pengurusan pengunduran dirinya. “Saya diangkat melalui SK gubernur dan saya diberhentikan pula melalui SK gubernur. Dan jika SK Gubernur hari ini keluar, maka hari ini juga saya siap mundur dari jabatan saya,” tegas adik kandung Bupati Buton non aktif, Samsu Umar Abdul Samiun itu. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top