Pariwara
Muna

27 Desa di Muna Gelar Pilkades Serentak

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Ada 27 desa di Kabupaten Muna akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini. Pemkab Muna saat ini tengah menunggu payung hukum dalam bentuk peraturan daerah untuk melaksanakan hajatan demokrasi tersebut.

Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Muna, Rustam, menyebut 27 desa itu tersebar pada 22 kecamatan dengan rata-rata masa bakti kepala desanya tuntas tahun ini. Untuk itu, pihaknya mengagendakan Pilkades berlangsung paling lambat pertengahan tahun ini. Hal itu untuk memberi kepastian berlangsungnya pemerintahan di desa.

“Rencananya Mei, hanya bebenturan dengan Pilgub. Jadi kemungkinan Juni atau Agustus. Prinsipnya kami pikirkan kondusifitas desa. Makanya dalam waktu dekat kami akan rapat bersama pihak terkait,” katanya, jumat (16/2). BPMD dalam waktu dekat akan membentuk panitia bersama yang melibatkan stakeholder terkait, seperti Bagian Hukum Pemkab maupun aparat keamanan. “Hanya kami tunggu Perdanya dulu,” sambungnya.
Untuk kebutuhan anggaran, Rustam belum dapat memastikan. Hanya saja, melihat penyelenggaraan Pilkades sebelumnya, tiap desa bisa menghabiskan anggaran hingga Rp 20 juta. “Jadi total 27 desa bisa sampai Rp 500 juta lebih,” hitungnya.

Sementara itu, Kabag Hukum Pemkab Muna, La Ode Ena, mengatakan, untuk Perda Pilkades sudah tuntas dibuat. Saat ini pihaknya tengah menyusun Peraturan Bupati yang akan menjabarkan lebih detail terkait Pilkades. “Minggu depan kami akan bahas bersama BPMD,” imbuhnya. (c/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top