Pariwara
Bau-bau

DKP Baubau Godok Tujuh Koperasi Nelayan

Sadidi

KENADRIPOS.CO.ID — Berbagai program bantuan dalam peningkatan kesejahteraan para nelayan telah disiapkan pemerintah pusat. Mulai dari penyediaan kapal dan alat tangkap ikan untuk menunjang efektivitas kerja, hingga bantuan budi daya. Hanya saja, semua itu tidak bisa diperoleh secara personal atau individu. Untuk mendapatkannya, para nelayan harus membentuk koperasi sebagai wadah yang disyaratkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Makanya, Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Kota Baubau mendorong pembentukan koperasi nelayan. Para pekerja penangkap ikan di Kota Semerbak itu diminta melengkapi berbagai persyaratan pembentukan koperasi untuk selanjutnya digodok dan diajukan ke KKP agar mendapat bantuan. “Bantuan untuk para nelayan di pusat itu ada. Tetapi harus membentuk koperasi nelayan. Makanya, kita sedang upayakan agar para nelayan di Baubau membentuk koperasi,” kata Kepala DKP Kota Baubau, Sadidi, rabu (14/2). Untuk saat ini, tercatat ada tujuh koperasi nelayan yang sementara digodok dan beberapa sudah diajukan ke KKP oleh DKP Kota Baubau. Tiga diataranya yaitu, Koperasi Nelayan Bahari Mandiri dari Kelurahan Lowulowu, Koperasi Serba Usaha Nelayan Baubau dari Kelurahan Tarafu dan Koperasi di Kelurahan Sukanayo. Seluruhnya bergerak pada usaha perikanan tangkap. Sementara empatnya lagi adalah koperasi budi daya yang saat ini juga telah dimasukan ke KKP RI.

“Untuk koperasi perikanan tangkap, bantuan yang akan diperoleh adalah alat tangkap ikan seperti perahu. Tetapi semua itu harus lebih dulu memenuhi segala persyaratan,” terang mantan Sekretaris DKP Kota Baubau. Menurutnya, pembentukan koperasi nelayan sebenarnya tidak begitu sulit. Para nelayan hanya perlu menghimpun kelompok dengan jumlah anggota minimal 21 orang. Kemudian mengajukan dan melengkapi berbagai syarat administrasi. “Masyarakat (nelayan) yang ingin membentuk koperasi tinggal datang ke DKP untuk mendapatkan penjelasan secara rinci mengenai syarat dan dokumen yang harus dilengkapi. Kalau semua dokumen suda lengkap, terakhir tinggal mengajukan proposal,” sambung Sadidi.

Ia menambahkan, pihaknya menargetkan seluruh nelayan yang ada di Kota Baubau tergabung dalam koperasi, sehingga bisa memperoleh bantuan untuk peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. “Kita inginkan mewujudkan seluruh kelurahan khususnya bagian pesisir Kota Baubau memiliki dan tergabung dalam koperasi nelayan,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top