Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
Politik

Pilgub Sultra, Parpol Siap Berkompetisi Secara Fair

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra, partai politik (Parpol) pengusung pasangan calon (Paslon) siap berkompetisi secara fair. Komitmen itu diikrarkan pada deklarasi menolak politik uang dan SARA yang digelar panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Konawe Utara (Konut), Rabu (14/2).

“Kami menolak politik uang dan politik SARA. Hal ini akan menciderai demokrasi. Mari kita ciptakan demokrasi yang berintegritas,” ujar perwakilan parpol ketika menyampaikan komitmenya dihadapan Panwaslu yang dihadiri bupati dan wakil bupati Konut, di aula Pemda Konut Rabu (14/2).

Tak hanya Parpol, Bupati Konut, Ruksamin mengingatkan agar seluruh ASN Konut tak main-main dalam politik praktis jika tak ingin sanksi diberikan. “Saya sudah instruksikan baik lisan maupun tertulis. Agar ASN tidak bermain-main, baik terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam Pilgub,” ujar Ruksamin.

Terkait deklarasi tolak politik uang dan SARA, Ruksamin meminta jangan hanya dijadikan sebagai kegiatan seremoni. Melainkan harus direalisasikan dalam wujud nyata dilapangan.

“Ini hanya kegiatan seremonial, bukan ini yang akan dinilai. Karena mengukur benar atau tidak tergantung implementasinya. Makanya Panwas, ASN, TNI/Polri seluruh jajarannya bagaimana bersama-sama mendukung dan mensosialisasikan menolak politik uang,” pesan Ruksamin.

Ketua Panwas Konut, Abdul Makmur mengatakan komitmen penolakan politik uang dan SARA yang sudah disampaikan oleh parpol harus-harus benar diwujudkan dalam aksi nyata. Bilamana ada parpol yang melakukan politik uang, Panwas tak akan segan-segan melakukan tindakan tegas.

“Siapapun dia kita tak akan pandang bulu. Selama dalam proses pemeriksaan dan klarifikasi itu terbukti maka akan ditindak sesuai dengan pelanggaran berdasarkan aturan yang berlaku,”tegasya Abdul Makmur. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top