Pariwara
Metro Kendari

Menjabat 130 Hari, Masmuddin Pjs Bupati Kolaka, Parinringi Plt Bupati Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Dua kandidat incumbent, Ahmad Safei dan Kery Saiful Konggoasa harus melepas jabatannya sementara waktu. Sesuai aturan pilkada, keduanya harus cuti dari posisinya sebagai Bupati Kolaka dan Bupati Konawe selama masa kampanye berlangsung, yakni mulai 15 Februari hingga 23 Juni mendatang.

“Aturannya seperti itu. Kepala daerah yang maju kembali di pilkada harus cuti,” kata Hidayatullah, Ketua KPU Sultra. Untuk menggantikan posisi keduanya, Rabu (14/2), Plt Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata melantik Masmuddin sebagai penjabat sementara (Pjs) Bupati Kolaka dan Parinringi sebagai Pelaksana tugas (Plt) Bupati Konawe. “Mulai hari ini, laksanakan pengalihan tugas dengan baik. Karena pejabat lama melakukan kampanye di luar tanggungan negara,” ungkap Saleh Lasata saat memberikan sambutan usai pelantikan di ruang Pola Bahteramas, Rabu (14/2).

Pjs Bupati Kolaka, Masmuddin sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BKPMD-PTSP) Sultra. Sedangkan Plt Bupati Konawe, Parinringi sebelumnya menjabat Wakil Bupati Konawe. “Besok (hari ini,red) sudah mulai kampanye. Karena mereka harus cuti sehingga harus ada yang menggantikan sementara,” terangnya.

Kedua pejabat tersebut akan bertugas selama masa kampanye berlangsung. Artinya, Masmuddin dan Parinringi hanya menikmati kursi bupati sekira 130 hari saja. Wagub Sultra dua periode ini meminta kepada Masmuddin dan Parinringi agar menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN). “Pastikan daerah yang saudara pimpin kondusif selama pilkada berlangsung,” ujarnya.Sebagai tambahan, khusus Bupati Konawe harus ada Pj lagi sebelum tuntas masa kampanye. Sebab, sesuai akhir masa jabatan (AMJ), Kery saiful Konggoasa dan Parinringi selesai 12 Juni 2018. Itu artinya, sebelum masa kampanye selesai, Kery sudah tidak menjabat lagi. Beda dengan Ahmad Safei-Muh Jayadin yang baru akan selesai 15 januari 2019.

PJs Bupati Konawe, Parinringi mengatakan, seluruh perangkat pemerintahan daerah di Konawe mulai dari jenjang kecamatan, lurah/desa, dan SKPD harus bekerja seperti biasa. Membangun komunikasi yang baik seperti biasa, saat masa pemerintahan Kery Saiful Konggoasa, bersama dirinya. “Tidak ada yang istimewa dengan jabatan saya sekarang. Karena saya akan berusaha untuk terus memposisikan diri sama pada saat masih sebagai wakil bupati,” terangnya.

Menurutnya, hanya menjalankan tugas sesuai wewenang bupati sampai sisa masa jabatan 12 Juni 2018 mendatang. “Saya telah diberi amanah ini untuk menjalankan tugas pemerintahan. Tugas saya mengawal dan menyelesaikan tugas pemerintahan hingga akhir periode tersebut . Kemudian juga terpenting, bagaimana menjaga netralitas di Pilkada, termasuk para ASN, supaya daerah tetap kondusif,” tutupnya. (b/hel/zul)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top