Pariwara
Metro Kendari

Februari Hingga April, Waspadai Puting Beliung dan Tanah Longsor

Salah satu rumah warga yang diamuk puting beliung. (Foto : Kamal Kendari Pos)

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan agar mewaspadai terjadinya angin puting beliung di sejumlah titik dalam kota. Berdasarkan pantauan cuaca, Februari hingga April Sultra akan dilanda angin kencang dan gelombang tinggi di perairan. Itu merupakan salah satu pemicu puting beliung. Kepala BPBD Kota Kendari, Suhardin membenarkan adanya potensi itu. Paling rawan kata dia di Kecamatan Abeli, Kecamatan Nambo dan Kecamatan Poasia. “Angin kencang itu selalu terjadi Maret April, bahkan di Bungkutoko sudah terjadi, satu rumah kena untuk tidak ada korban jiwa,” kata Suhardin, Rabu (14/2).

Tiga kecamatan itu dianggap rawan karena berada di pesisir pantai. Bahkan setiap sore wilayah Poasia sudah begitu terasa hembusan angin kencangnya. Makanya, warga setempat dihimbau waspada. “Kita belajar dari pengalaman. Ratusan pohon tumbang di taman kota dan jalan-jalan karena angin kencang itu,” tambah Suhardin.

Selain puting beliung, BPBD juga memberikan perhatian khusus terhadap pemukiman rawan longsor. Daerah Kecamatan Kendari punya potensi longsor cukup tinggi. Bahkan akhir Januari lalu satu unit rumah menjadi korban longsor. “Intensitas hujan memang belum masuk puncak sekarang ini, tapi sudah harus diwaspadai,” pinta Suhardin.

Untuk korban bencana alam, mantan Kepala Satpol PP Kendari ini mengaku telah menyiapkan dana bantuan korban bencana. Hanya saja nilainya tergantung kerugian korban. “Ada dana kontigensi, tapi itu diusulkan dulu. Pencairannya lewat BPKAD, jadi jumlahnya saya juga tidak tahu,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top