Pariwara
Metro Kendari

Realisasi PBB Harus Maksimal, Bakal Libatkan KPK Bagi Penunggak Pajak

Nahwa Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari sudah mulai menyerahkan Surat Penagihan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB) Kota Kendari kepada ketua-ketua RT. Lima kecamatan telah dibagikan sejak Senin lalu, enam kecamatan lainnya diserahkan Selasa (13/2). Distribusi SPPT itu menandai dimulainya sosialisasi pembayaran PBB untuk tahun 2018.

Kepala BP2RD Kota Kendari, Nahwa Umar memberikan arahan penting dalam penyerahan SPPT itu. Ia meminta agar semua RT membantu BP2RD untuk memacu capaian PBB tahun ini. Jika tahun 2017 lalu, Pemkot hanya mampu mencapai 85 persen dari target maka tahun ini semua harus berkomitmen capaian target harus lebih tinggi. “Minimal 90 persen. Kalau perlu seperti DKI Jakarta, capaiannya bisa sampai 100 persen lebih,” ujar Nahwa Umar, Selasa (13/2).

Selain menjadi perpanjangan tangan dari Pemkot untuk membagikan SPPT itu, RT juga bisa berperan seperti kolektor PBB di wilayah kerja masing-masing. “Nanti mereka yang serahkan ke UPTD, yang penting jelas wajib pajaknya dan berapa yang dibayar,” tambah Nahwa Umar.

Mantan Sekretaris Bappeda Kota Kendari itu menjelaskan penunggak pajak tahun ini dimungkinkan ditangani oleh KPK, bukan lagi tim yustisi bentukan Pemkot. Itu sesuai warning pemerintah pusat dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu. “Kita belajar dari DKI. Mereka libatkan KPK, jadi masyarakat termotivasi untuk bayar pajak,” tuturnya.

Kinerja RT lanjut mantan Kepala Inspektorat Kota Kendari itu harus ditingkatkan sebab tahun ini honor mereka menagih pajak juga sudah ditingkatkan. Semula Rp 250 ribu per bulan, kini menjadi Rp 400 ribu. “Tapi saya ingatkan, semua harus bikin rekening, karena honor mereka tidak bisa diterima cash, berkaitan dengan penerapan transaksi nontunai,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top