Pariwara
Metro Kendari

Banyak Warga Belum Punya KTP-el

Ilustrasi KTP-el

KENDARIPOS.CO.ID — Rendahnya kesadaran warga membuat KTP elektronik (KTP-el) bukan hanya di Kota Kendari. Secara umum, warga Sultra minim kesadaran untuk memiliki KTP tersebut. Kepala Bidang Fasilitasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sultra, Muhamad Fadlansyah mengatakan persentase masyarakat mengantongi KTP-el masih sekira 80 persen.

Di Kabupaten Muna Barat,misalnya, warga yang melakukan perekaman KTP-el baru sekira 40 persen. Kondisi itu kontradiksi dengan mekanisme pembuatan KTP-el yang bebas biaya alias gratis. Meski begitu Pemprov Sultra tak bosan mengimbau masyarakat agar segera melakukan perekaman data KTP-el.

Menyangkut ketersediaan blangko, Muhamad Fadlansyah menjamin tak pernah kosong. Seluruuh kabupaten dan kota sudah mendapat jatah blangko KTP-el. “Saya kurang tahu jumlahnya. Tapi, kami pastikan blangko tetap ada,” ujarnya, Selasa (13/2).

Sehingga tidak ada lagi alasan warga Sultra untuk tidak membuat KTP-el. Fadlansyah menduga sebagian warga belum memiliki KTP-el karena merasa pembuatan KTP rumit. Padahal cukup membawa kartu keluarga saja. Namun selalu berpulang lagi dari aspek pelayanan Disdukcapil di daerah. “Karena kadang masyarakat diminta juga membawa persyaratan macam-macam. Seperti surat keterangan RT atau lurah. Ini yang membuat masyarakat malas membuat KTP-el,” tuturnya. (ade/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top