Pariwara
Metro Kendari

Usman Rianse Pimpin Asosiasi Tradisi Lisan Sultra

LANTIK : Prof.Usman Rianse (tiga dari kiri) didapuk menjadi Ketua Umum Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) di Sultra. Tampak Prof. Usman Rianse mendapat ucapan selamat usai pelantikan yang digelar di salah satu hotel di Kendari, Senin (12/2). Foto : ADWIN / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) terbentuk di Sultra. Profesor Usman Rianse dipilih memimpin organisasi pelestari budaya itu. Mantan Rektor UHO itu ditunjuk pengurus pusat berdasarkan surat keputusan tahun 2018 hingga 2023. Prof Usman Rianse dilantik bersama 50 pengurus Sultra yang lainnya oleh Dr. Pundentia, pendiri ATL, Senin (12/2). Dalam kesempatan tersebut, Dr Pundentia meminta Prof Usman untuk berkomitmen bersama semua pengurus agar membawa organisasi ATL lebih maju. Dia berpesan, ATL harus bisa menjadi organisasi yang bisa memberikan kemajuan terhadap budaya di Sultra. “Saya minta kepada semua pengurus agar bersama-sama membangun orgnisasi ini. Memberikan kemajuan dalam hal pengembangan pendidikan dan kebudayaan,” kata Dr. Pundentia, Senin, (12/2/2018).

Sementara itu, Prof Usman Rianse berterimakasih kepada ATL yang sudah mempercayakan dirinya sebagai ketua. Menurut dia ATL merupakan lembaga yang menampung dan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bersifat akademis seperti seminar, pelatihan peneliti muda, penelitian-penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan tradisi lisa. Ini adalah upaya untuk mempopulerkan budaya dalam dunia pendidikan. “Menjalankan tugas kita untuk menjaga nilai-nilai kebudayaan agar tidak hilang,” ujar Prof Usman Rianse.

Pelantikan Prof Usman Rianse dihadiri Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun. Mantan Dekan FMIPA UHO itu mengapresiasi eksistensi organisasi ATL Sultra. Menurut Prof Zamrun, ke depan ATL bisa menjadi bagian dari dunia pendidikan yang dapat membentuk kelestarian budaya. “Yang paling penting, pelestarian budaya tersebut harus dilakukan secara universal, mulai dari budaya lokal sampai budaya yang tak terlihat, seperti puisi, pantun dan lain sebagainya,” ujar Prof Zamrun. (ade/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top