Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Tiga Cagub Siap Tarung di Sultra, KPU Coret Paslon Perseorangan di Baubau

Cagub, Rusda Mahmud, Asrun dan Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Sultra bakal diikuti 14 pasangan calon (paslon). Rinciannya, pilgub Sultra ada tiga pasangan, pilkada Konawe empat pasangan, pilkada Kolaka head to head (dua pasangan) dan pilwali Baubau lima pasangan. Satu bakal pasangan calon perseorangan dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau karena tidak memenuhi syarat (TMS). Mereka adalah pasangan Nursalam-Nurmandani.

Penetapan paslon digelar di daerah masing-masing. Khusus pilgub Sultra, penetapan itu dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka di Aula Husni Kamil Manik KPU Sultra. Ketua KPU Sultra, Hidayatullah menuturkan setelah melihat dan melakukan verifikasi faktual, tiga bakal pasangan calon memenuhi syarat dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya. “Baik syarat calon maupun pencalonan, semua memenuhi syarat. Semua rangkaian proses verifikasi diawasi Bawaslu Sultra,” ungkap Hidayatullah, Senin (12/2/2018).

Dia menambahkan, berdasarkan rapat tertutup yang dituangkan dalam berita acara nomor 12/PL.03.3-BA/74/Prov/II/2018 tentang penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur. Kemudian, hasilnya berdasarkan SK nomor 14/PL.03.3-Kpt/74/Prov/II/2018. “Pertama, pasangan calon Dr. Ir. H.Asrun, M.Eng.Sc dan Ir.Hugua ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sultra, yang didukung oleh PAN, PDIP, PKS, Gerindra dan Hanura. Kedua, pasangan calon Rusda Mahmud dan Ir. H. LM Sjafei Kahar sebagai gubernur dan wakil gubernur Sultra, didukung oleh partai Demokrat, PPP dan PKB. Ketiga, pasangan calon H.Ali Mazi, SH dan Dr. H. Lukman Abunawas,SH, M.Si., sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sultra,” terangnya yang disambut riuh pendukung ketiga pasangan calon di Aula Husni Kamil Manik, kemarin.

Menurutnya, penetapan tersebut sesuai PKPU Nomor 2 tahun 2018 perubahan PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaran Pilgub, Pilbup dan Pilwali tahun 2018. Seusai jadwal 12 Februari 2018 adalah untuk penetapan paslon pilgub termasuk pilkada tiga daerah lainnya, bersama pilkada serentak se Indonesia. Kemudian, setelah itu akan dilakukan pencabutan nomor urut yang akan dilaksanakan pada 13 Februari 2018, hari ini.

Komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo Bane mengatakan, usai penetapan paslon Pilgub akan dilanjutkan dengan pengundian dan pencabutan nomor urut. Dijadwalnya 13 Februari 2018 di Grand Clarion Hotel Kendari. “Jadi besok malam (malam ini, red) di Grand Clarion pengudian dan pencabutan nomor urut. Semua paslon bersama timnya diundang termasuk forkompimda dan media juga diundang,” jelasnya.

Dia memastikan, tidak ada istilah nomor titipan. Semua didesain dengan baik dan spektakuler. Sehingga, seluruh paslon dan masyarakat bisa meyaksikan dengan baik tanpa ada tendensi dari paslon manapun. Olehnya, pihaknya melakukan pemantapan persiapan pencabutan nomor urut bersama LO paslon, Bawaslu Sultra termasuk tim keamanan dari Polda Sultra. Ir. Hugua sebagai wakil gubernur dari Asrun, saat ditemui usai penetapan oleh KPU Sultra mengaku bahagia. Karena dirinya bersama Asrun ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sultra. “Kami sudah siap berkompetisi. Tinggal tunggu jadwal kampanye untuk turun lapangan lagi,” katanya.

Dia menambahkan, untuk pencabutan nomor urut dirinya tak mematok harus mendapat nomor berapa dari tiga nomor urut, 1,2,3. “Saya mana-mana saja. Semuanya sama bagi saya, terbaik semua,” katanya sambil tersenyum. Cagub Sultra lainnya, Ali Mazi juga mengaku sudah siap bertarung di pilgub. “Penetapan paslon sudah. Sekarang tinggal tunggu tanggal mainnya,” jelasnya. Soal nomor urut, dia tak memaksakan harus mendapat nomor spesial. Pasalnya, semua nomor adalah semua baik saja. “Semua dari Allah saja, yang mana dikehendakinya. Nomor berapa saja, itu yang terbaik,” katanya.

1 of 3

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top