Pariwara
Metro Kendari

Disperindag Sultra Pantau Telur Palsu

Siti Saleha, Kepala Dinas Perindag Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah beras palsu, publik kembali dikejutkan dengan munculnya telur palsu. Beberapa daerah sudah membuktikan adanya telur itu beredar di pasaran. Bahkan daerah Sulawesi sudah dijumpai di area Sulawesi Selatan. Hal itu menjadi catatan tersendiri bagi Sultra. Sebab selain mengandalkan telur produksi sendiri, kebutuhan telur di Sultra juga sebagian didatangkan dari Sulsel.

Olehnya itu, demi melindungi konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra melakukan pantauan disejumlah pasar. “Saya juga melihat banyak diberitakan baik dimedia sosial maupun media elektronIk, kita juga disini mulai memantau di pasar,” jelas Kadis Perindag Sultra, Sitti Saleha, Senin (12/2/2018).

Namun,mengingat jumlah personelnya yang terbatas, mantan Pj. Bupati Bombana ini meminta kerja sama pedagang dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Bila ditemukan, jangan hanya mengamankan diri dengan membuang telur itu tetapi juga harus diadukan ke pihaknya agar bisa ditindaklanjuti.

Menurutnya, penting bagi masyarakat dan pedagang untuk dapat membedakan telur asli dengan telur palsu. “Sebenarnya banyak perbedaan mulai dari kulit hingga kuning telur. Tapi untuk lebih memudahkan itu saat membeli telurnya dikocok, ada kedengaran gerakan dalam telur. Kalau palsu pasti tidak ada bunyi kocokan di dalam karena kuning telur palsu agak kenyal dan sukar di pecahkan,” paparnya.

Sitti Saleha juga mengimbau pedagang untuk tidak curang dalam berdagang. Selain merugikan konsumen, pedagang juga terancam sanksi pidana jika terbukti sengaja menjual telur palsu. Diyakini Saleha, tidak ada produksi telur palsu di Sultra. “Saya yakin tidak ada, tetapi kita pantau juga. Jangan sampai masuk dari daerah lain,” pungkasnya. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top