Pariwara
Konawe

Anggaran tak Cair, Jalan Konawe Dipenuhi Sampah

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
Tumpukan sampah depan rumah sakit yang baru dibangun dan pada sejumlah titik terlihat di ibu kota Konawe. Dinas teknis mengaku tak memiliki anggaran untuk mengoperasikan kendaraan pengangkut sampah.

KENDARIPOS.CO.ID — Memprihatinkan. Kondisi lingkungan di Kabupaten Konawe yang berstatus peraih dua kali Adipura dipenuhi sampah, khususnya pada bahu jalan poros Unaaha. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Konawe, H. Asrul Banipal beralasan, sejak awal Februari lalu, kendaraan operasional pengangkut sampah tak bisa difungsikan karena anggaran untuk membeli bahan bakar belum cair sejak Januari 2018. Ironisnya, pihak Dinas Lingkungan Hidup bahkan sudah meminjam uang untuk membiayai bahan bakar mobil pengangkut sampah selama Januari dan ketika memasuki Februari, pinjaman habis.

“Anggaran rutin kita untuk membeli bahan bakar belum cair. Januari lalu meminjam dari luar untuk bahan bakar. Sekarang kita tidak sanggup lagi, karena tempat kami meminjam juga tidak lagi mau memberi. Kami juga pernah nombok, dengan harapan anggaran bisa cair Februari, tapi sampai sekarang belum juga kami terima. Makanya kendaraan tidak bisa beroperasi dan sampah tidak terangkut,” akunya, Senin (12/2). Menurutnya, persoalan sampah tersebut butuh perhatian pemerintah, supaya mencairkan anggaran rutin, agar kendaraan pengangkut sampah bisa kembali bekerja.

“Kalau soal tenaga pembersih tidak ada masalah, hanya kendaraan kita tak bisa jalan tanpa solar. Apalagi dari sembilan kendaraan, hanya empat masih bagus, dan itulah yang nonstop mengambil sampah di Konawe, kalau ada solarnya,” ungkap Asrul. Ia mengaku sudah pernah diundang pihak DPRD Konawe, namun pihaknya tidak dapat berbuat apapun tanpa adanya anggaran. “Kalau tidak ada uang untuk beli solar mobil operasional, bagaimana kita mau angkat sampah itu. Jadi, kita juga tidak bisa berbuat apa-apa, karena kuncinya ada di keuangan,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top