Pariwara
Metro Kendari

Setahun Lebih Diverifikasi, Pengalihan Aset SMA di Sultra Akhirnya Tuntas

Hj Isma

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pengalihan aset SMA dari pemerintah kabupaten dan kota ke Pemprov Sultra akhirnya tuntas setelah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra melakukan verifikasi selama setahun lebih. Kini, aset SMA itu sudah siap dicatat dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sultra yang akan dipertanggung jawabkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) April mendatang.

Kepala BPKAD Sultra Hj. Isma mengatakan pengalihan aset secara keseluruhan dari 17 kabupaten dan kota tuntas awal Februari ini. Diakuinya ada banyak masalah yang sempat ditemui oleh tim verifikasi di lapangan. Bahkan Pemprov harus mengundang pemerintah pusat untuk memberikan pengarahan dalam menuntaskan kendala-kendala. “Sudah selesai. Memang banyak masalah makanya panjang prosesnya. Ada yang belum dipisah antara SMP, SMA dan Diknas, dan pemisahan dari aset kabupaten induk dan pemekaran. Tapi sudah selesai,” ujar Hj.Isma, kepada Kendari Pos.

Hj. Isma memastikan seluruh aset itu sudah termonitor dengan baik oleh tim pemeriksa internal BPKAD. Dokumen fisik dan kondisi lapangan sudah dicocokkan. Ia juga berterimakasih atas kerja sama Pemkab dan Pemkot selama ini. “Terakhir Konsel, ada beberapa masalah teknis tapi sudah aman juga,” ungkapnya. Untuk diketahui penataan aset SMA itu sempat menjadi catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada evaluasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sultra tahun 2016. Jika tak tuntas, predikat WTP Sultra terancam gagal dipertahankan untuk LKPD tahun 2017 yang akan diperiksa April nanti. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top