Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Penyaluran Rasta di Wakatobi Tertunda

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran besar sejahtera (Rastra) di Kabupaten Wakatobi hampir setiap tahun, tak tepat waktu. Surat perintah alokasi (SPA) untuk penyaluran menjadi salah satu penyebab terlambatnya distribusi bantuan sosial (Bansos) tersebut ke masyarakat. Tak terkecuali tahun 2018 ini. Hingga awal Februari ini, penyaluran Rastra belum juga dilakukan. Meskipun pasokan di Gudang Bulog Wilayah Wangiwangi telah siap, namun pendistribusiannya tetap harus menunggu SPA dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakaktobi.

Kepala Gudang Bulog Wakatobi, Atar T., mengungkapkan, pihaknya telah berkali-kali melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat. Namun, belum ada kepastian. “Yang jelas saat ini kita tinggal menunggu SPA saja. Kalau sudah ada pasti langsung kita salurkan,” ungkapnya, akhir pekan lalu. Ia berharap dalam waktu dekat sudah ada jawaban pasti dari Pemkab Wakatobi terkait SPA sebagai salah satu syarat penyaluran Rastra.
“Apalagi bulan Januari lalu kita tidak salurkan. Makanya kami berharap dalam waktu dekat bisa diserahkan untuk dua bulan,” tambahnya. Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadik, beralasan, keterlambatan penerbitan SPA bukan tanpa sebab. Pihaknya masih mempelajari data pada tahun lalu yang selanjutnya akan disesuaikan dengan nama-nama penerima dari Kementerian Sosial. “Takutnya jangan sampai ada perubahan. Kita verifikasi dulu data sebelumnya,” argumen Aslaman.

Ia belum bisa menjamin Rastra dapat tersalur pada bulan ini. Mengingat, pihaknya masih akan berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara terkait pembentukan tim koordinasi. Sehingga tidak menutupi kemungkinan Rastra baru akan tersalur paling lambat Maret mendatang. “Kita masih merampungkan data-data ini. Kita juga berharap selesai secepat mungkin. Tapi semua butuh proses karena data itu dikirim ke kementerian lalu setelah diverifikasi, barulah diserahkan kembali ke daerah. Kalau sudah rampung tentu kita akan segera mengeluarkan SPA supaya beras segera disalurkan,” tutupnya. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top