Pariwara
Metro Kendari

Pemprov Bebaskan Lahan, Sungai Wanggu Dijatah Rp 50 Miliar

Sungai Wanggu

KENDARIPOS.CO.ID — Sungai Wanggu menjadi salah satu titik langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Bahkan masyarakat sekitar sudah banyak memilih pindah dibanding bertahan di sana. Kondisi itu menjadi perhatian serius bagi Pemprov Sultra. Upaya pendanaan melalui APBN terus dilakukan untuk pembangunan tanggul dan kini sudah terealisasi. Tahun ini, Sungai Wanggu dijatah Rp 50 Miliar.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Pemprov Sultra, Rundubeli Hasan mengungkapkan sejak banjir 2013, sudah ada komunikasi yang terbangun antara Pemprov Sultra dan pemerintah pusat. Pemprov Sultra melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah menangani sungai Wanggu dengan dana APBD saat itu. Hanya saja, banjir kembali terjadi di tahun 2017 lalu. “Nah yang tahun 2017 ini sudah ditinjau langsung oleh Komisi V DPR RI, dan mereka melihat memang penting menangani sungai Wanggu ini sebagai titik ancaman banjir di Kota Kendari, makanya saat diusulkan di APBN mudah saja disetujui, tahun ini sudah ada dananya 50 miliar,” papar Rundubeli Hasan, kepada Kendari Pos.

Hanya saja, berapa panjang tanggul Sungai Wanggu yang akan dibangun, Rundubeli belum memastikan. Rincian anggaran dan perencanaan kehutanan melekat pada Balai Sungai Sulawesi IV Kendari. “Yang jelas sudah ada tahun ini anggarannya, tapi Satkernya di Balai Sungai, dan mereka yang tahu modelnya seperti apa,” katanya.

Pemprov Sultra kata Rundubeli Hasan hanya diberi syarat untuk membebaskan lahan terlebih dulu. Dan itu sudah dilakukan. Sehingga kegiatan lapangan sudah bisa dimulai. Rundubeli optimis dengan hadirnya tanggul itu, ancaman banjir di ibukota provinsi sudah bisa berkurang signifikan. Sebab, selain dana pusat, Pemrov juga punya biaya pemeliharaan setiap tahun dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai pekerjanya. “Menurut saya tidak akan banjir lagi, karena kita selalu keruk dan bersihkan juga. Bbukan di Sungai Wanggu saja, Sungai Watubangga sana juga kita kerjakan,” pungkasnya. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top