Pariwara
Politik

Pemetaan Dapil Koltim Diserahkan ke KPU RI

Uji Publik : Ketua KPUD Koltim, Darwis didampingi rekan-rekan komisoner saat memimpin rapat membahas draft usulan penataan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kotim Pemilu 2019 di kantor sekretariat KPUD Koltim akhir pekan lalu. Foto: Kusdin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Putusan pemetaan daerah pemilihan (Dapil) Kolaka Timur (Koltim) akhirnya diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Berdasarkan rapat pleno, KPUD Koltim tetap mengusulkan dua opsi pembagian Dapil. Pasalnya, proses pembagian Dapil belum bersama pengurus partai politik (Parpol), tokoh masyarakat dan instansi terkait menemui kata sepakat. Hingga kini, masing-masing pihak sama-sama kukuh ingin membagi Koltim menjadi tiga dan empat Dapil. Namun demikian, seluruh elemen setuju penetapan Dapil Koltim ke KPU RI.

Ketua KPUD Koltim mengatakan draft usulan Dapil Koltim akan diserahkan ke KPU RI melalui penyelenggara di tingkat provinsi. Usulan ini harus diserahkan lantaran akan dipatenkan KPU RI pada akhir Maret mendatang. Pengusulan Dapil ini berdasarkan hasil konsultasi atau pertemuan dengan Parpol, tokoh masyarakat serta instansi terkait.

“Parpol dan tokoh masyarakat tetap mengusulkan tiga dan empat Dapil dari dasar jumlah pemilih 119,461 orang. Atas dasar itu, kami menetapkannya melalui rapat pleno. Nantinya, KPU RI-lah yang akan menentukan berapa Dapil untuk Koltim. Untuk jumlah kursi legislatif Koltim sudah paten yakni 25 kursi saja,” kata Darwis saat ditemui Kendari Pos, akhir pekan lalu.

Ketua DPD II Partai Golkar, Sukirman mengatakan usulan pembagian Dapil yang diajukan KPUD Koltim sudah porposional. Hal ini kata dia, sudah sesuai dengan usulan beberapa kali pertemuan yang diadakan penyelenggara pemilu tersebut.

“Usulan empat dan tiga dapil oleh KPU sangat cocok sesuai dengan amanat undang-undangan atau regulasi yang ada. Porporsional dan pembagian jumlah penduduk sudah sesuai dari jumlah penduduk 119.461 orang” jelasnya.

Hal senada diungkapkan pengurus DPD NasDem Koltim, Ali Topan. Ia bahkan mengapresiasi putusan KPUD Koltim. Menurutnya, penentuan dengan rapat pleno serta dalam pembagian Dapil ini tidak sepihak tetapi membutuhkan waktu untuk meminta saran dan pendapat dari pengurus partai dan tokoh agama serta pemerintah daerah.

“Kami juga berharap usulan kami bisa dikabulkan yakni empat dapil untuk daerah Koltim. Usulan KPU Empat dan tiga dapil sudah sangat ideal dari jumlah penduduk dan alokasi jumlah 25 kursi” tutupnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top