Pariwara
Politik

Pembagian Dapil Konawe Pemilu 2019

Pembagian Dapil Konawe Pemilu 2019

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses pembahasan yang panjang, draft usulan pembagian daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Pemilu 2019 berhasil dirampungkan. Dalam rapat bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, pengurus partai politik (Parpol) dan instansi terkait lainnya, semua komponen sepakat membagi wilayah Konawe dalam lima Dapil pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) mendatang. Hasil kesepakatan ini selanjutkan akan diajukan ke KPU RI.

Komisioner KPUD Konawe, Abdul Hasim mengatakan rapat kerja yang dilaksanakan di aula KPU Konawe itu telah menghasilkan draft jumlah dapil serta alokasi kursi di masing- masing Dapil yang akan diusul ke KPU RI. Hasilnya, ada lima Dapil yang siap diusul dengan jumlah sebaran kursi setiap Dapil antara lima hingga delapan kursi.

“Hasil kesepakatan hari ini akan kami usulkan ke KPU RI untuk kemudian ditetapkan,” ujar Koordinator Divisi Teknis KPUD Konawe ini akhir pekan lalu.

Untuk Dapil satu kata Abdul Hasim, meliputi Kecamatan Anggalomoare, Bondoala, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Sampara dan Soropia. Dengan jumlah penduduk 42.891 jiwa alokasi sebaran kursi legislatifnya sebanyak lima kursi. Kemudian untuk Dapil dua meliputi Kecamatan Amonggedo, Besulutu, Meluhu, Pondidaha, Wonggeduku, dan Wonggeduku Barat dengan jumlah penduduk 61.593 jiwa dan alokasi tujuh kursi DPRD Konawe.

Lalu untuk Dapil tiga lanjutnya, meliputi Kecamatan Anggaberi, Konawe, Unaaha dan wawotobi dengan jumlah penduduk 66.865 jiwa. Di wilayah ini alokasi kursi legislatifnya sebanyak delapan kursi. Sementara Dapil empat meliputi Kecamatan Abuki, Asinua, Latoma, Padangguni, Routa dan Tongauna dengan jumlah penduduk 42.828 jiwa dengan alokasi 5 kursi.

“Terakhir, untuk dapil 5 itu meliputi 4 Kecamatan yakni Lambuya, Onembute, Puriala dan Uepai dengan jumlah penduduk 38.482 dan alokasi 5 kursi. Total ada 30 kursi yang tersebar di lima dapil,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top