Pariwara
Muna

Muna Target Juara Umum

Ilustrasi MTQ

KENDARIPOS.CO.ID — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dihelat pertengahan Maret nanti di Buton Utara. Kabupaten Muna sendiri sudah menargetkan gelar juara umum dalam MTQ ke-27 tersebut. Optimisme tersebut didasarkan pada terpenuhinya seluruh peserta dari delapan cabang dan 22 golongan lomba yang akan dipertandingkan nanti. Sebelumnya, kafilah Muna kerap tidak menyertakan peserta di beberapa golongan lomba yang ada.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Muna, Abdul Asis Teo, menyebutkan, peluang juara umum memang sangat terbuka. Berkaca pada MTQ 2016 dan juga Seleksi Tilawatil Quran (STQ) 2017 di Kendari, Muna selalu masuk jajaran tiga besar. Itu pun, pada saat itu kontingen Bumi Sowite tak turun dengan kekuatan penuh. “Biasanya kami tidak punya utusan di kaligrafi, padahal di situ ada empat nomor lomba. Demikian pula tafsir bahasa Arab dan bahasa Inggris, termasuk kasidah. Nah tahun ini, kontingen Muna akan turun lengkap,” jelasnya.

Untuk kesiapan peserta, saat ini pun tengah berlangsung MTQ tingkat Kabupaten dan diikuti 550 peserta dari 22 kecamatan. Kegiatan itu menjadi ajang seleksi untuk menemukan kafilah terbaik yang akan mewakili Muna dalam MTQ provinsi nantinya. “Nanti pesertanya dikerucutkan sampai 200 orang. Itulah yang dikirim di Butur,” sambungnya. Dalam pembukaan MTQ Muna jumat malam lalu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Malik Ditu, meminta peserta agar tidak sepenuhnya mengejar gelar juara. Melainkan memahami jika ajang MTQ merupakan syiar Islam yang menjadi sarana berdakwah. “Qori dan Qoriah terbaik harus pula lahir dari ajang ini,” kata Wakil Bupati Muna itu.

Pembukaan MTQ malam itu berlangsung meriah. Ribuan kafilah memadati pelataran masjid Al Munajat, Raha. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Muna, Rusman Emba, menerangkan, program Pemkab dalam bidang keagamaan, selain ajang MTQ, tahun 2017 lalu Pemkab sudah meluncurkan gerakan malam jumat yasinan (Gema Jasa). Untuk tahun ini, dirinya kembali mencanangkan gerakan Muna mengaji, zikir dan salat berjamaah (Gerak Sabar). “Kita bangun Muna dengan syiar Islam di seluruh penjurunya,” ujar Rusman. (b/ode)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top