Pariwara
Buton Tengah

Layanan RSUD Buteng Terkendala Listrik dan Air

dr. Karyadi

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton Tengah (Buteng) sementara melakukan langkah-langkah untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Lambatnya rumah sakit tipe D tersebut membuka layanan operasional disebabkan karena belum adanya tenaga listrik dan air bersih yang tersedia. Kendati demikian pihak RSUD terus berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar pasokan pembangkit segera masuk di lingkungan rumah sakit.

Direktur RSUD Buteng, dr. Karyadi, mengatakan, saat ini yang menjadi kendala dalam membuka layanan operasional adalah listrik dan air bersih. Sementara untuk kebutuhan tenaga dokter dan lainnya sudah disiapkan, termasuk beberapa fasilitas pendukung beroperasinya RSUD tersebut. “Untuk penyediaan sumber air bersih sudah ada dalam dokumen pelaksana anggaran (DPA) 2018 ini. Kita hanya tinggal menunggu proses lelang dilaksanakan. Sementara untuk listrik kami akan koordinasikan lagi dengan pihak PLN,” ungkapnya, minggu (11/2).

Sebenarnya, kata dia, masalah listrik tersebut sudah diusulkan sejak 2016 lalu, namun yang terealisasi baru tiangnya saja. “Untuk instalasi listrik sudah terpasang tinggal dikonekan dengan jaringan PLN. Kami akan berupaya agar RSUD ini bisa melayani masyarakat secepatnya,” katanya. Dikonfirmasi terpisah, Manajer Rayon PLN Mawasangka, M. Yusron Affandi mengungkapkan, pihaknya mulai melakukan pemasangan transformator (trafo) yang menuju RSUD. Sekaligus memasang saluran udara tegangan menengah/jaringan udara tegangan menengah (SUTM/JUTM). Sementara untuk pemasangan jaringan tegangan rendah (JTR), pihaknya masih harus berkoordinasi dengan konsultan kelistrikan dari pihak RSUD.

“Pasalnya ada beberapa titik tiang pancang JTR yang mesti dibahas bersama dengan konsultan kelistrikan RSUD. Kalau JTR dan trafo sudah terpasang, maka menarik jaringan tegangan menengah masuk kei nstalasi RSUD. Sementara, kebutuhan listrik untuk rumah sakit ini sebesar 131 kilovolt ampere (KVA),” tutupnya. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top