Pariwara
Metro Kendari

Ini Makna Filosofis Dibalik Nama Masjid Al Alam

Masjid Al Alam Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Nama Masjid Al Alam sempat menimbulkan kontroversi di masyarakat Sultra. Sebagian orang mempertanyakan karena mirip dengan nama Gubernur Sultra, Nur Alam. Namun dengan tegas, Nur Alam menyebut penamaan Al Alam bukan sengaja dimiripkan dengan namanya.

Nama “Al Alam”, kata Gubernur Sultra dua periode ini, didasarkan pada gambaran keberadaan masjid serta desain arsitekturnya yang berada di tengah suasana alam. “Nama itu (Al Alam,red) diambil dari bahasa arab yang berarti alam. Tujuannya, ketika para jamaah berada dalam masjid akan merasakan seperti di tengah panorama alam. Filosofinya seperti itu,” ungkap pasangan Salah Lasata itu.

Peraih penghargaan Bintang Maha Putra Utama ini mengharapkan, dengan cara itu pula, sembari beribadah, para jamaah juga dapat membaca salah satu kebesaran Allah melalui tanda-tanda alam. “Jadi jangan diidentikan dengan Nur Alam, apalagi dikultuskan,” tegas mantan Ketua DPW PAN Sultra tiga periode itu. Dirinya berharap, kehadiran masjid Al Alam bisa meningkatkan semangat beribadah umat muslim di Sultra. Sekaligus menjadi simbol perkembangan Islam. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top