Pariwara
Politik

Hidayatullah : Anggaran Kampanye Cagub dan Cawagub Maksimal Rp 41 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sultra sudah bisa menggelar kampanye 15 Februari mendatang. Kendati begitu, mereka mesti menyetorkan besaran dana awal kampanye. Secara keseluruhan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya mengizinkan paslon menggunakan dana kampanye maksimal Rp 41 miliar.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, sesuai jadwal pelaksanaan kampanye paslon dimulai 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Dalam masa itu, paslon hanya bisa menggunakan dana kampanye maksimal Rp 41 miliar. “Waktu kampanye selama 130 hari. Kampanye umum juga dibatasi, lebih banyak face to face,” jelasnya saat ditemui usai rapat koordinasi pelaksanaan kampanye paslon pilgub dan tiga daerah lainnya dengan petinggi parpol se Sultra, di Grand Clarion Hotel akhir pekan lalu.

Menurutnya, semua tim paslon menyetujui hal tersebut. Dana itu juga diluar dari alat peraga kampanye (APK) paslon yang disediakan oleh KPU Sultra. Kata dia, jika ada sumbangan dari perorangan maupun lembaga itu ada batasnya. Jika perorangan maka maksimal adalah Rp 75 juta. Sedangkan, per lembaga maksimal Rp 750 juta. Sementara itu, titik kampanye yang akan dilakukan oleh para paslon pilgub disepakati dan mementukan lokasinya. Tim bapaslon Ali Mazi-Lukman Abunawas memilih Kota Kendari, Kota Baubau, dan Kabupaten Konawe. Paslon Asrun-Hugua lokasinya sama yakni di Kota Kendari, Kota Baubau, dan Kabupaten Kolaka. “Kita sudah menyiapkan tempat 17 kabupaten/kota jika mereka ingin merubah jadwalnya. Dalam kampanye itu maksimal anggaran perorang yang dikeluarkan itu 35 ribu (snack, dll),” tambahnya.

Di setiap kampanye, lanjut dia, para paslon akan disiapkan APK dan bahan kampanye dari KPU. Namun demikian, para paslon bisa membuat bahan kampanye masing-masing. Baik itu pakaian, penutup kepal, alat tulis, stiker, dan sebagainya. “Namun dengan catatan per harga satuannya adalah Rp 10 ribu,” terangnya. Selama kampanye berlangsung, Dayat panggilan akrab Hidayatulah mengimbau kepada semua calon untuk menurunkan APK yang masih berserakan. Karena pada masa kampanye nantinya, APK disiapkan KPU dan tidak boleh ada lagi APK selain dari KPU.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top