Pariwara
Kolaka Utara

BBI Kolut Target Produksi 4 Juta Benih Udang Vaname

Agustan

KENDARIPOS.CO.ID — Pada sektor perikanan darat, sejumlah petani tambak di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tengah ramai mengembangkan udang vaname (vannamei). Untuk memenuhi kebutuhan benih lokal, tahun ini pihak Dinas Perikanan setempat mulai memproduksi sendiri dengan target empat juta ekor. Kepala Dinas Perikanan Kolut, Muhlis Usman melalui Kasubag Perencanaan Program, Agustan, menjelaskan, pembibitan udang tersebut dikembangkan pada Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua baru dimulai tahun ini. “Baru tahun ini diuji coba namun langsung ditarget karena sudah dianggarkan biaya operasionalnya serta dimasukkan dalam rencana kerja,” ujarnya, Sabtu (10/2).

Sebagai pemula, pengembangan benih tersebut berupa telur dan bukan diproses dari induk udang yang dianakpinakkan. Telur-telur itu akan dipasok dari Sulsel dengan tiga tahap pengembangan. “Tahap pertama 1,2 juta telur. Empat juta ekor itu target produksi dalam setahun,” katanya. Perikanan Kolut membidik produksi benih udang vaname tersebut karena sedang menjadi primadona penambak Bumi Patampanua itu. Hanya saja untuk mendapatkan benih, para petambak harus ke Sulawesi Seltan membeli dan bahkan ada yang didatangkan dari Pulau Jawa.

Perhitungannya jika bisa kembangkan benih sendiri tentu tidak perlu keluar daerah membeli bibit karena BBI telah memproduksi sendiri. Dinas Perikanan menjamin jika benih yang akan dipasarkan ke para penambak tersebut harganya lebih miring dengan kualitas yang sama. “Ke depan sudah bisa kita kembangkan induk udangnya sendiri,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top