Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Alhamdulillah…Ratusan Guru Agama di Kota Kendari Kini Bisa Mengaji

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — November tahun lalu, publik Sultra sempat dikejutkan oleh fakta adanya 107 dari 200 guru agama di Kota Kendari yang tidak mahir membaca Al Quran. Kondisi itu sontak membuat Kementerian Agama Sultra, Abdul Kadir kaget setelah tahu kualitas pahlawan tanpa tanda jasa di guru dijenjang Tsanawiyah dan Aliyah di metro ini. Karena itulah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sultra, Abdul Kadir harus “tega” menahan tunjangan mereka agar mau belajar Al Quran.

Strategi itu rupanya benar-benar ampuh memperbaiki keadaan. Setelah dievaluasi, tiga bulan aktif belajar para guru yang buta tajwid itu kini sudah bisa membaca Al Quran. Tunjangan mereka pun sudah dicairkan oleh pihak Kemenag. “Alhamdulilah setelah mereka rutin ikut pelatihan, kini sudah bisa mengaji. Tunjangannya juga sudah cair,” ujar Abdul Kadir, Minggu (11/2/2017)

Abdul Kadir mengaku dari jumlah ratusan yang tak bisa mengaji itu belum 100 persen juga menguasai. Tetapi minimal sudah terbilang cukup dengan hasil dan efek jera yang diberikan. “Tinggal beberapa orang saja, tapi mereka belum berhenti belajar,” tukasnya. Akademisi IAIN itu menambahkan setiap kepala kantor Kemenag di Sultra harus memperhatikan kualitas guru agama di daerahnya. “Itu baru Kendari yang bisa kita data. Dan pasti ada yang tidak bisa mengaji juga di daerah lain. Padahal itu wajib loh, masa seorang guru agama tidak bisa melakukan perintah wajib agama. Ini harus diperhatikan semuanya. Dan saya juga memantau terus,” paparnya. Untuk solusinya, Kantor Kemenag di daerah lain juga bisa menerapkan hukuman yang sama dengan di Kota Kendari yakni menahan tunjangan mereka. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top