Pariwara
Muna Barat

Aktivitas Pasar Belum Beri Konstribusi PAD Mubar

KENDARIPOS.CO.ID — Hingga kini, keberadaan sejumlah pasar rakyat di Kabupaten Muna Barat (Mubar) belum memberikan konstribusi berarti untuk menambah pundi pendapatan asli daerah. Sampai tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) belum bisa menarik retribusi pada para pedagang pasar di Mubar.

“Kita belum berani, karena tak ada peraturan daerah (Perda) yang mengaturnya,” argumen Kepala Disperindag Mubar, Agustamin Sujono, akhir pekan lalu.

Kata dia untuk pengelolaan pasar di Mubar masih menggunakan pola lama dengan peraturan desa masing-masing. “Pengelolaanya kita masih serahkan di desa dalam koordinasi camat. Karena pasar ini harus tetap jalan, sehingga untuk biya pemeliharaanya kita serahkan di desa sesuai nominal yang disepakati bersama masyarakat, “ungkapnya. Terkait dengan Perda tentang retribusi, pihaknya mengalami sedikit kendala. Sebab di Mubar rata-rata pasar rakyat dan kebijakan pemerintah pusat melarang penarikan retribusi bagi pedagang kecil.

“Jika pelaksanaan retribusi ini tidak bisa juga dilakukan maka semua pasar yang ada di Muna Barat akan kita hibahkan pada pemerintah desa untuk dikelola. Karena tak mungkin pemeliharaannya diangarkan, sementara kita tidak bisa ambil retribusi,” tegas Agustamin Sujono. (c/yaf)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top