Pariwara
Metro Kendari

45 Anggota Potensi SAR Kota Kendari Dilatih

Direktur Bina Potensi Basarnas RI, Marsekal Pertama TNI, Faturakhman Indrajaya menyematkan tanda kepesertaan pelatihan kepada calon personel Potensi SAR di Kantor SAR Kendari Foto : ADWIN / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Angka kecelakaan laut yang cukup tinggi di Sultra, menjadi perhatian Basarnas pusat. Nah, untuk itu maka direkrutlah sejumlah anggota Potensi SAR. Direktur Bina Potensi Basarnas RI, Marsekal Pertama TNI, Faturakhman Indrajaya mengatakan perekrutan potensi SAR sangat penting untuk mendukung kegiatan operasi SAR, khususnya di daerah yang cukup sulit dijangkau.

Penegasan Marsekal Pertama TNI, F Indrajaya disampaikan saat pengukuhan 45 anggota Potensi SAR dalam upacara yang digelar di Kantor SAR Kendari, Sabtu (10/2) lalu. Peserta pelatihan 45 Potensi SAR perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pertolongan dan evakuasi korban sehingga mampu mendukung tugas-tugas Basarnas dengan optimal. “Mereka ini akan membantu tim SAR nantinya, setelah dibekali dengan kemampuan dalam pendidikan pelatihan, selama 5 hari ke depan,” kata Marsekal Pertama TNI, Faturakhman Indrajaya didampingi Kepala SAR Kendari, Djunaidi.

Menurutnya, sebanyak 45 anggota Potensi SAR ini berasal dari TNI, Polri dan warga sipil. Komposisi potensi SAR dari berbagai kalangan ini dimaksudkan untuk mendukung tugas-tugas SAR dalam melakukan evakuasi ketika terjadi kecelakaan laut. Di Sultra, tingkat kecelakaan laut cukup tinggi. Tahun 2017 terdapat 81 laporan kecelakaan laut. Kecelakaan laut ini biasanya terjadi karena kemudi kapal yang rusak, dan terjadi karena cuaca buruk.”Dengan adanya potensi SAR, semoga SAR bisa terbantu,” ungkap jenderal bintang satu ini. Dalam upacara pengukuhan dihadiri Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra, Sekda Sultra Lukman Abunawas, Kepala BNNP Sultra Brigjen Bambang Priyambadha, dan Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top