Pariwara
Kolaka Utara

Koordinasi Penyaluran Rastra di Kolut Belum Matang

H. Iskandar

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran beras sejahtera (Rastra) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah dilakukan pada sejumlah wilayah kecamatan sejak akhir Januari, hingga Jumat (9/2). Meski pembagiannya hampir rampung, namun belum sepenuhnya terkoordinasi ke pemerintah kabupaten (Pemkab). Penyebabnya, pembentukan tim koordinasi (Tikor) belum seluruhnya terlaksana.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, H. Iskandar, menjelaskan, sepengetahuannya, penyaluran Rastra telah tersebar ke 13 kecamatan dan tersisa dua wilayah lagi. Bagi yang telah menyalurkan maupun belum diharapkan segera membentuk Tikor tingkat kecamatan maupun desa.

“Baru beberapa saja yang ada tim koordinasinya dan saya minta segera berkomunikasi dengan Dinsos maupun Kabag Ekonomi,” ujarnya, jumat (9/2). Langkah tersebut penting dilakukan, sebab Tikor dibentuk untuk melakukan fungsi koordinasi, penanganan pengaduan hingga pemantauan bagi sejumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bisa dievaluasi. Pemerintah daerah melalui dinas sosial hanya memonitor penyaluran Rastra tersebut.

Kebijakan mengenai siapa yang berhak untuk mendapatkan Rastra diserahkan pada pihak penyalur, dalam hal ini Bulog. 10 kilogram Rastra yang dibagikan secara gratis tersebut bisa saja salah sasaran sehingga masyarakat yang dianggap berhak bisa protes. Jika demikian, kepala desa harus melakukan validasi data dan membuat pengajuan baru. “Sedari awal, kami telah mewanti-wanti agar tidak ada pungutan untuk penyaluran Rastra ini. Bagi warga yang berada di wilayah perbukitan karena kendala jarak tempuh dari desa bisa berkordinasi apakah harus diantarkan dengan melakukan penarikan biaya. Meski demikian, hal itu dikembalikan ke masyarakat, mau apa tidak. Jangan ada pemaksaan,” tandas Iskandar. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top