Pariwara
Konawe Selatan

Jaksa Intens Awasi Pengelolaan DD di Konsel

Agus Suroto

KENDARIPOS.CO.ID — Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe Selatan (Konsel) terus berupaya meningkatkan perannya dalam mengawal pembangunan yang ada di daerah itu. Selain memaksimalkan tim pengawalan, pengamanan pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D), pihaknya juga intens melakukan sosialisasi program jaksa masuk sekolah (JMS). Kepala Kejari Konsel, Agus Suroto, mengungkapkan, korpsnya punya andil dalam pembangunan di daerah, baik ditingkat pemerintahan maupun di masyarakat pada umumnya.

“Disisi lain kita juga punya fungsi pengawasan dan pencegahan. Misalnya JMS, ini kita lakukan ditingkat sekolah dengan menyosialisasikan bahaya Narkoba. Apalagi saat ini yang menjadi sasaran utama yakni generasi pelajar,” jelasnya, Kamis (8/2). Terkait pengelolaan dana desa, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi pencegahaan dan penyalahgunaan.

“Selama empat bulan bertugas, saya telah melakukan pemantauan serta sosialisasi pencegahan penyalahgunaan dana desa. Hanya yang menjadi masalah adalah, karena di Konsel ada 336 desa, sementara tenaga kami terbatas, hanya 25 orang. Karena tidak bisa maksimal, kami bekerja sama dengan LSM dan wartawan,” ungkapnya.

Tahun 2018 ini pihaknya telah menerima sejumlah laporan terkait penyalahgunaan pengelolaan keuangan dana desa. Hal inipun menjadi hal yang akan diseriusi. Sejauh ini, sambung Agus Suroto, pihaknya telah melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) atau pengumpulan data (Puldata) terhadap sejumlah desa yang diduga telah menyalahgunakan dana tersebut.

” Yang jelas, kalau terbukti, pasti akan ditindaklanjuti dan kita ekspos ke publik. Dari sejumlah desa itu, sudah ada beberapa yang saya disposisi untuk dilakukan Pulbaket,” tambah Agus Suroto. Pihaknya berharap semua kepala desa di Konsel menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. (c/kam)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top