Pariwara
Metro Kendari

Diduga Pungli, Lurah Anduonohu Ditahan


Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Nahas menimpa Lurah Anduonohu, Risman. Ia ditangkap tim Cyber Pungli Polda Sultra saat sedang mengurus pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), Kamis (8/2) sekira pukul 10.00 Wita. Riswan ditangkap setelah meminta duit kepada warganya. Belum sempat menikmati duit itu, ia ditangkap petugas.

Riswan hanya pasrah saat digerebek Satuan Subdit III Cyber Pungli yang dipimpin AKBP Honesto Dasinglolo. Hari itu, ia langsung digiring ke Polda Sultra untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. “Setelah kami lakukan gelar perkara. Buktinya sudah cukup. Kami tetapkan Lurah Anduonohu sebagai tersangka,”kata Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh.

Dolfi menuturukan, tim Cyber Pungli tidak begitu saja menilai kasus ini hanya tersangka tunggal. Mengingat, informasi yang diperoleh Risman tak bekerja sendiri. Ada aktor lain yang memerintahkannya untuk meminta duit kepada warganya. Namun Dolfi memilih untuk tidak berbicara lebih jauh. Katanya, pada prinsipnya kasus ini masih dikembangkan untuk sementara waktu.

Dalam penangkapan, Dolfi menuturkan, tim mengumpulkan beberapa alat bukti seperti dokumen-dokumen pembuatan PTSL dan uang yang diserahkan warga ke lurah. “4 saksi sudah kami mintai keterangnnya. Pak Lurah resmi kami tahan,”kata dia jumat (9/2).

Modus kasus ini, katanya lurah itu meminta uang kepada sejumlah warga untuk dibuatkan sertifikat tanah PTSL. Padahal pembuatan PTSL yang merupakan program pemerintah pusat tidak dipungut biaya alias gratis. Makanya, lurah-lurah yang masih meminta pungutan biaya dalam pembuatan PTSL tahun 2018 , itu adalah pungli. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top