Pariwara
Muna

200 ASN Bermohon Masuk Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Beban belanja pegawai di Muna sudah setara 70 persen dari jumlah dana alokasi umum sebesar Rp 680 miliar. Meski kondisinya demikian, namun tak menyurutkan niat aparatur sipil negara (ASN) dari luar Muna untuk mengajukan permohonan pindah tugas ke wilayah itu. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) pun harus selektif menerima pegawai yang datang tersebut. Data terbaru, untuk Januari 2018 saja, setidaknya sudah 200 ASN ingin masuk ke Muna. Paling banyak dari Muna Barat, meskipun terdapat juga dari beberapa daerah lain di Indonesia. Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Muna, Sarulah, mengatakan, undang-undang ASN memang tidak melarang pegawai untuk pindah tugas. Hanya saja, khusus di Muna tidak semua permohonan dapat diakomodir.

“Beban belanja aparatur kita sangat berat. Kami harus selektif menerima pegawai,” jelasnya, Jumat (9/2). Saat ini, BKPSDM sudah menerapkan rasio, dua orang pegawai pindah, baru kemudian satu pegawai dapat diterima di Pemkab Muna. Hal itu untuk mengurangi jumlah pegawai sebanyak 5.915 orang. “Usulan DPRD, perbandingannya satu pindah, satu masuk. Tapi instruksi Kepala BKPSDM, dinaikkan saja. Dua banding satu,” sambungnya.

Sarulah mengatakan, ada beberapa alasan ASN dapat diakomodir permohonan pindahnya. Mulai karena faktor mengikuti wilayah tugas suami, atau permintaan tenaga teknis khusus dari daerah. Sementara untuk prosedurnya, pegawai bersangkutan harus memiliki rekomendasi dari dinas yang dituju. “Kalau hanya karena ingin pulang kampung atau mau dekat dengan orang tua bagi yang masih lajang, itu akan kami pertimbangkan dulu,” paparnya.

Sebenarnya, BKPSDM berharap permohonan justru diajukan untuk pindah tugas ke wilayah luar Muna. Hal itu untuk mengurai beban pegawai. “Bahkan penerimaan CPNS saja untuk Muna kemungkinannya berat. Jadi permohonan pindah yang masuk akan ditelaah dengan seksama,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top