Pariwara
Hukum & Kriminal

Pembakar Hutan Lindung di Kolut Dijebloskan ke Penjara

KENDARIPOS.CO.ID — Rio dg Situju, Warga Desa Pitilua, Kecamatan Lasusua harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ia ditetapkan tersangka dan dijebloskan ke sel Polres Kolaka Utara (Kolut) karena diduga membakar lahan kawasan Hutan Lindung (HL) di Desa Totallang, Kecamatan Lasusua, Kolut. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa bensin satu jerigen lima liter, jerigen dua liter berisi oli plus korek yang dipakai membakar.

Kapolsek Lasusua Ipda Jamarin Riche, menuturkan tersangka sengaja membakar kawasan HL yang diolahnya sebagai areal perkebunan. Saat itu, pelaku membakar untuk membersihkan sampah dahan dan pepohonan . Namun, himbauan larangan membakar tidak dipedulikannya. Saat angin berhembus kencang, tersangka tidak mampu meredam kobaran api hingga menjalar luas. “Saat ini boleh saja api sudah padam. Tapi, bukan jaminan bila api tidak akan menyala kembali di titik berbeda,” ujarnya.

Menurut Kapolsek, polisi telah memblokir jalan ke kawasan itu dengan memasang police line. Karena perbuatannya tersangka diancam dengan kurungan penjara diatas lima tahun. Tersangka dijerat UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan berupa Pasal 78 Ayat 3 jo Pasal 50 Ayat 3.

Sekedar diketahui, Rio merambah HL wilayah tersebut dengan luas lahan yang dimilikinya kurang lebih 1,5 hektar. HL wilayah Totallang hampir berganti menjadi lahan perkebunan. Kebakaran lahan di daerah itu kerap terjadi yang diduga kuat rata-rata pemilik lahan memanfaatkan api sebagai proses mempercepat pembersihan agar lekas ditanami. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top