Pariwara
Buton

Masih Ditemukan ASN Buton Merokok di KTR

La Ode Zahaba

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Buton di Takawa sudah menjadi kawasan tanpa rokok (KTR). Itu sesuai peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2017. Untuk menjalankan pengawasan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berkewajiban menjalankan Perda tersebut. Kamis (8/2), inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan di kawasan perkantoran Takawa dipimpin Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Buton, La Ode Zahaba.

Dari pemantauan tersebut, masih ditemukan sejumlah aparatur sipil negara (ASN) yang merokok dalam kantor. “Ada empat orang yang kita dapat merokok. Kami telah mengingatkan ASN itu agar tidak mengulangi perbuatannya, merokok dalam ruangan kantor. Cari tempat di luar kantor,” jelasnya, kamis (8/2) . Zahaba mengaku, saat ini pihaknya masih dalam tahap memberi peringatan, pembinaan serta sosialisasi. Jika nantinya masih ada ASN yang mengabaikan Perda tersebut, maka Satpol PP akan mengambil tindakan dengan memberikan sanksi administrasi maupun pidana.

Perda tersebut berlaku pada semua instansi pemerintahan baik rumah sakit maupun sekolah-sekolah di Kabupaten Buton. “Sidak ini masih akan berlanjut. Kita sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk bersama-sama di lapangan baik di perkantoran maupun sekolah-sekolah,” tuturnya. Zahaba menguraikan yang melanggar Perda nomor 4 tahun 2017 akan diberikan sanksi disiplin bagi ASN dan pencabutan izin bagi pihak swasta. Sementara untuk sanksi pidana dikenakan denda Rp 100 ribu dan bagi yang menjual/memproduksi dan mempromosikan rokok di area KTR dikenakan sanksi pidana kurungan maksimal atau denda Rp 10 juta. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top